USBN Dan UNBK, Oded: Siswa Keren Itu Ketika Mempunyai Kejujuran

Pendidikan  SELASA, 23 APRIL 2019 , 21:08:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

USBN Dan UNBK, Oded: Siswa Keren Itu Ketika Mempunyai Kejujuran

Oded M Danial/RMOLJabar

RMOLJabar. Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial, optimis para siswa di Kota Bandung dapat meraih nilai tinggi pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD dan Ujian Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP. Ia pun yakin, para peserta melaksanakan ujian dengan jujur.

Optimisme Oded muncul setelah meninjau langsung ke sejumlah sekolah yang melaksanakan ujian.

"Saya melihat wajah anak-anak. saya optimis mereka punya kesiapan mental yang luar biasa. Harapan saya dengan mentalitas yang luar biasa itu mudah-mudahan anak-anak didik kita dalam ujian ini terlaksana dengan baik," ucap Oded di SD Negeri 113 Banjarsari Jalan Merdeka‎, Bandung, Selasa (23/4).

Oded berharap, dalam pelaksanaan ujian ini para siswa mengutamakan kejujuran ketika mengisi soal.

Oded menyatakan, kejujuran menjadi fondasi bagi bagi anak-anak agar bisa menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berintegritas. Menurutnya, kemajuan bangsa Indonesia juga turut ditopang oleh mental generasi muda yang berkarakter, tanpa terkontaminasi oleh kecurangan.

"Saya berharap siswa yang keren itu ketika dia jujur dalam mengisi soal ujian. Kejujuran itu pangkal utama. Bangsa ini bisa baik, bisa punya pencerahan punya prospek maju kalau jujur itu hadir. Kalau jujur hilang siap-siap bangsa ini ambruk," ujarnya.

Oded menambahkan, dalam dua hari terakhir ini pelaksanaan UNBK SMP dan USBN SD sudah terselenggara dengan baik. Untuk itu dia mewanti-wanti agar para guru dan pengawas ‎bisa tetap menjaga konsentrasi hingga ujian berakhir.

"Saya kira cukup baik pelaksanaannya insya Allah anak-anak akan baik dan berkualitas. Rata-rata anak-anak itu polos. Kalau dulu yang sering kejadian ketika terkontaminasi dari luar. Oleh karenanya, saya harap semua penyelenggara pendidikan harus memberikan edukasi dengan baik dan benar kepada masyarakat,‎" katanya.

Sebelumnya, Oded meninjau pelaksanaan ujian ke sejumlah sekolah. Oded sempat menyambangi SMP Negeri 40 di Jalan Wastukencana, dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar. Sebanyak 340 siswa mengikuti UNBK 2019 di SMP Negeri 40 ini.

Oded kemudian melanjutkan pemantauannya ke SD Negeri 113 Banjarsari di Jalan Merdeka. Di sekolah ini ada 231 siswa yang mengikuti ujian. [yud]

Komentar Pembaca