Saling Klaim Hasil Real Count Sebaiknya Di Abaikan

Politik  RABU, 24 APRIL 2019 , 12:54:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Saling Klaim Hasil Real Count Sebaiknya Di Abaikan

Jokowi-Prabowo/Net

RMOLJabar. Pemilihan Presiden yang berlangsung 17 April telah berlalu. Namun hingga saat ini euforia pilpres masih terasa di masyarakat. Saat ini belum ada kejelasan siapakah pemenang dari pilpres 2019 ini, namun kedua pasangan presiden telah sama-sama mengklaim kemenangannya.

"Meskipun ada hasil quick count dan ada klaim hasil real count menurut saya harus diabaikan karena hakikatnya penghitungan sedang dilakukan oleh KPU, Jadi angka-angka yang keluar dari manapun itu hanya indikasi saja," kata Pengamat politik Universitas Pendidikan Indonesia Karim Suryadi, kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (24/4).

Lebih lanjut kata Karim, meskipun penghitungan belum selesai akan tetapi tugas masyarakat sebagai warga negara telah usai. Dalam hal ini tugas memberikan hak dan memberikan suara warga negara.

"Jadi sekarang tidak ada lagi cara terbaik, kecuali kembali ke habitat masing-masing. Yang dosen, yang guru, yang PNS, yang pegawai kembali bekerja biarkan proses penghitungan suara berlangsung dan kita harus berlapang dada menerima apapun," paparnya.

"Sebelum pemilihan kita sudah berpikir apa kira-kira konsekuensi dari pilihan kita dan itu akan terjadi. Artinya, kita dorong saja nanti pemenang sejalan dengan gagasan dan pikiran kita," sambungnya.

Saat ini masyarakat dapat turut menyukseskan pemilu ini, diantaranya seperti membantu melakukan pengawasan, dan kontribusi positif lainnya.

"Saya yakin pemerintahan ke depan menerima aspirasi dari manapun. Jadi pengawasan senantiasa dibutuhkan karena pemerintahan yang kita pilih bukan pemerintahan malaikat tapi manusia biasa," tutup Karim. [yud]


Komentar Pembaca