Lagi, Kesalahan Entry Data Terjadi Di Kabupaten Bandung

Politik  RABU, 24 APRIL 2019 , 14:50:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Lagi, Kesalahan Entry Data Terjadi Di Kabupaten Bandung

Foto Screenshot Web KPU/RMOLJabar

RMOLJabar. Kesalahan entry data dalam proses perhitungan suara Pilpres 2019 yang dipublish di website resmi KPU kembali terjadi untuk wilayah Kabupaten Bandung.

Pengamatan Kantor Berita RMOLJabar melalui https://pemilu2019.kpu.go.id kesalahan penulisan ada di TPS 15 yang ada di Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka.

Bila melihat data hasil pemindaian form C1, paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang meraih sebanyak 109 suara tercatat di kolom hitungan suara KPU hanya 103 suara.

Sementara untuk raihan suara paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin tidak terjadi kesalahan bila diselaraskan dengan hasil pemindaian form C1 sebanyak 39 suara.

Hingga berita ini diturunkan, adanya temuan kesalahan entry data ini telah disampaikan langsung kepada jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) wilayah Kabupaten Bandung.

"Siap, sakedapnya (sebentar ya)," ungkap singkat Komisioner KPU Kabupaten Bandung Supriatna dihubungi wartawan melalui whatsappnya, Rabu (24/4).

Sebagai bahan informasi, sebelumnya kesalahan entry data raihan suara juga sempat ditemukan dan viral di media sosial. Sebelum dikoreksi, terdapat dua TPS di Kabupaten Bandung yang salah input data.

Kesalahan pada perhitungan suara hasil Pipres 2019 itu terjadi di TPS 6 dan TPS 18 Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah. Saat itu, hasil pemindaian form C1 tak sesuai dengan kolom hasil hitung KPU. [yud]


Komentar Pembaca