KOTA CIREBON

Jelang Ramadan, TPID Dan BI Upayakan Harga-harga Stabil

Ekbis  JUM'AT, 26 APRIL 2019 , 22:46:00 WIB | LAPORAN: NAJMUDIEN M HABIBIE

Jelang Ramadan, TPID Dan BI Upayakan Harga-harga Stabil

Rakor TPID Kota Cirebon/RMOLJabar

RMOLJabar. Jelang Bulan Suci Ramadan 1440H, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) sudah siapkan cara untuk jaga stabilitas harga selama Bulan Ramadhan nanti.

Menurut Kepala KPwBI Cirebon, M. Abdul Majid Ikram, jelang bulan Ramadhan, beberapa harga komoditas disinyalir akan mengalami kenaikan. Penyebabnya, lanjut Abdul, adalah  perubahan pola konsumsi masyarakat dan masuknya arus pemudik ke Kota Cirebon yang akan biasanya meningkatkan permintaan serta konsumsi.

Sehingga, ada kencenderungan harga-harga pangan ini akan naik,” katanya Jumat (26/4).

Antisipasi situasi itu, TPID Kota Cirebon bersama Bank Indonesia berkomitmen untuk menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, mengupayakan keterjangkauan harga, serta meningkatkan efektifitas komunikasi bersama stakeholders terkait.

Kegiatannya bisa berupa pasar murah, sidak pasar jelang bulan Ramadhan, pertemuan pelaku usaha dan stakeholders terkait, serta operasi pasar,” sebut Abdul.

Terkait angka inflasi jelang Ramadan, BPS mengungkapkan bila inflasi di Kota Cirebon relatif bisa dikendalikan dan lebih baik dari rat-rata Jawa Barat. Dalam laporannya, BPS mencatat bahwa inflasi Kota Cirebon masih terjaga di angka 0.18 (mtm), 0,22 (ytd), dan 1,69 (yoy). Nilai tersebut masih lebih rendah dari inflasi Jawa Barat maupun inflasi Nasional, dan tercatat lebih rendah pula dari rata-rata inflasi tahunan periode 3 tahun terakhir yang mencapai 2,99% (yoy).[son]

Komentar Pembaca