KOTA SUKABUMI

Pemilu Dan Ramadan Ciptakan Double Inflasi

Ekbis  MINGGU, 28 APRIL 2019 , 11:45:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Pemilu Dan Ramadan Ciptakan Double Inflasi

Fajar Laksana/RMOLJabar

RMOLJabar. Tingkat inflasi pada 2019 akan lebih tinggi jika dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, 2019 terdapat dua momen yang meningkatkan angka inflasi.

"Tahun ini ada pemilu dan Ramadan yang menjadikan double inflasi. Kalau tahun lalu hanya Ramadan saja," ujar Pengamat Ekonomi Fajar Laksana, Minggu (28/4).

Menurutnya, dalam pelaksanaan pemilu 2019 banyak uang yang beredar. Namun, peredaran uang tersebut tidak meningkatkan produk barang dan jasa. Sehingga menyebabkan inflasi terjadi.

"Saat pemilu uang beredar bisa mencapai triliunan. Namun tidak menghasilkan produk dan jasa. Sehingga meningkatkan harga-harga," ucapnya.

Hal itu ditambah memasuki Ramadhan yang tinggal hitungan hari lagi. Di mana akan ada permintaan berlebih, sehingga harga sembako dan barang strategis lainnya akan naik.

"Ini semua bisa mengganggu kestabilan ekonomi. Makanya, pemerintah harus bekerja keras agar inflasi ini bisa ditekan," ungkapnya.

Tak hanya itu, selama pemilu ini, para investor pada menahan diri. Terutama investor di sektor riil.

"Para investor akan menahan dulu modalnya (wait and see). Sebab mereka ingin tahun, siapa yang berkuasa dalam pemilu ini. kekuasaan akan mengubah program pembangunan, dan itu akan dilihat setelah hasil dari pemilu ini," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar
JOKOWI TERUJI BERPENGALAMAN DALAM HAL KEGAGALAN

JOKOWI TERUJI BERPENGALAMAN DALAM HAL KEGAGALAN

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19