Purwakarta Bamboo Creative Festival 2019

Otomotif  SENIN, 29 APRIL 2019 , 08:45:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Purwakarta Bamboo Creative Festival 2019

Purwakarta Bamboo Creative Festival 2019/Humas Purwakarta

RMOLJabar. Pemerintah kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pemuda, Olahraga Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Purwakarta, menggelar Purwakarta Bamboo Creative Festival 2019. Acara tersebut bagian dari meningkatkan potensi pengrajin bambu serta nilai ekonomis bambu serta peningkatan kunjungan wisatawan.

Bambu merupakan jenis varian tumbuhan yang sering ditemukan di setiap jengkal tanah di nusantara. Keberadaanya bukan hanya menjadi tanaman biasa namun dapat dimanfaatkan sebagai bahan ekonomi kreatif.

"Bambu dapat dijadikan nilai ekonomis tinggi bila pengolahannya tepat," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta Iyus Permana, dalam pembukaan Purwakarta Festival Bambu 2019. Di Bale Maya Datar Purwakarta, Minggu (28/4) lalu.

Iyus menambahkan, Purwakarta kedepan akan menjadikan alat musik dari bambu agar dimasukan dalam program kurikulum ekstrakurikuler.

Menurutnya, hal itu tak lepas dari sifat dan kebudayaan orang sunda yang sering menggunakan bambu dalam kehidupanya. Namun pada saat ini kegunaan awi tak hanya dapat dijadikan bahan bangunan, akan tetapi dapat dijadikan bentuk lain seperti alat musik maupun mainan anak.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Purwakarta Agus Hasan juga menyampaikan hal yang sama. Bahkan menurutnya industri kreatif bambu dapat dijadikan potensi ekonomi kreatif dengan pengembangan lebih lanjut .

Pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, agar karya yang dihasilkan dari bambu dapat dengan mudah dijumpai dipasaran. Pengembangan seperti inilah yang diharapkan oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Ketika dihubungi melalui selulernya, Anne mengungkapkan hal ini dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat. "Tak hanya bambu gelondongan, dengan sedikit bumbu kreatif maka nilai ekonomisnya meningkat," katanya.

Anne berharap, festival seperti ini diselenggarakan setiap tahunnya. Selain mendatangkan para wisatawan ke Purwakarta, diharapkan ekonomi pengerajin bambu juga dapat lebih baik. [yud]


Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00