Rugikan Masyarakat, Pemkab Karawang Lawan "Bank Emok" Dengan LKM

Ekbis  SELASA, 30 APRIL 2019 , 14:09:00 WIB | LAPORAN: NURJAYA BACHTIAR

Rugikan Masyarakat, Pemkab Karawang Lawan

Sekda Kabupaten Karawang, Samsuri/dok

RMOLJabar. Keberadaan "bank emok" alias rentenir harus di berantas, pasalnya praktek jasa peminjaman uang ini dinilai banyak merugikan masyarakat.

Diungkapkan pelaksanan tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Samsuri, pihaknya telah menyiapkan jurus baru untuk memberantas praktek haram para lintah darat itu.

"Penanganan rentenir sebetulnya bukan belum dilaksanakan, hanya keinginan pimpinan untuk fokus di satu SKPD, kemudian disiapkan dana di satu lembaga, katakanlah unit perbankan. Ini belum secara utuh kita lakukan,  nanti akan dievaluasi kendalanya seperti apa," Ungkapnya kepada Media ,Selasa (30/4)

Menurut Samsuri, Pemkab Karawang bahkan sudah menyiapkan dana untuk membebaskan masyarakat kecil yang saat ini tengah terjerat utang dari para lintah darat. Dana tersebut ada di Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

Dilapangan, lanjut Samsuri, LKM akan menjangkau kelompok-kelompok kecil masyarakat yang masih berurusan dengan 'bank emok". Dia berharap melalui penjangkauan oleh LKM permasalahan yang ditimbulkan "bank emok" bisa selesai.

"Ini tolong saya minta kepada teman-teman (LKM) di lapangan untuk bisa mengcover, karena itu program bagus oleh Bupati Wakil Bupati bahwa renternir ini sesuatu yang tidak bagus untuk pembangunan di Karawang, " katanya.

Disingung mengenai masih banyaknya masyarakat yang menganggur, Samsuri mengatakan kalau sebenarnya penegakan Perda sudah dilakukan dengan menerapkan pola rekrutmen tenaga kerja oleh perusahaan di Karawang dengan perbandingan 60:40.

"Memang dalam rekruitmen ini sebetulnya dilakukan 60:40. Tapi 60 ini katakanlah ada skil skil tertentu yang  diperlukan tapi tidak bisa terpenuhi ini jugakan akan jadi masalah ya," ujarnya

Samsuri menegaskan pihaknya berupaya melakukan upaya-upaya peningkatan skill angkatan kerja di Karawang baik dengan memperbaiki kualitas lulusan SMK maupun membuka peluang lulusan sekolah menengah untuk mendapatkan pendidikan vokasi. [son]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00