KOTA CIREBON

Rangkaian Peringatan Hardiknas, Dari Gebyar Karnaval Hingga Pengukuhan Bunda PAUD

Pendidikan  RABU, 01 MEI 2019 , 02:29:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Rangkaian Peringatan Hardiknas, Dari Gebyar Karnaval Hingga Pengukuhan Bunda PAUD

Pengukuhan Bunda PAUD/RMOLJabar

RMOLJabar. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Asep Dedi menilai upaya pengembangan kreativitas anak perlu dilakukan sejak usia dini. Sehingga nantinya mereka akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berprestasi.

"Semua orang tua tentu berharap memiliki anak yang cerdas dan berprestasi," ungkap Asep usai Pelantikan Bunda PAUD Kota Cirebon sekaligus Pelepasan Peserta Gebyar Karnaval Paud dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di depan Balaikota Cirebon, Selasa (30/4).

Bukan tanpa maksud, Asep memandang perlu pengembangan kreativitas anak sejak usia dini. Sebab, dengan kreativitas yang terus dikembangkan dan tetap terarah, maka kecerdasan seorang anak bisa terbentuk.

Dengan kegiatan gebyar karnaval yang diikuti oleh anak-anak PAUD dari 150 sekolah, Asep berharap bisa menumbuhkan kreativitas sekaligus kebersamaan diantara anak-anak.

Disamping itu, dengan dilantiknya bunda PAUD baik tingkat kelurahan maupun kecamatan diharapkan bisa menggelontorkan sejumlah program yang bisa meningkatkan tumbuh kembang dan kreativitas anak-anak sejak usia dini.

"Kegiatan positif akan merangsang anak-anak kita untuk senantiasa berfikir dan bertindak positif," ucap Asep.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon Jaja Sulaeman menyebutkan, gebyar karnaval yang diikuti oleh 150 PAUD se Kota Cirebon tersebut digelar dalam rangka rangkaian peringatan Hardiknas 2 Mei 2019 tingkat Kota Cirebon.

"Hari ini juga ada pelantikan bunda PAUD tingkat kelurahan dan kecamatan," ungkap Jaja.

Jaja membeberkan, untuk bunda PAUD tingkat kecamatan terdiri dari lima orang dan bunda PAUD tingkat kelurahan sebanyak 22 orang. Kelima bunda PAUD merupakan istri dari camat dan lurah yang ada di Kota Cirebon.

Tak hanya bunda PAUD, Jaja melihat pentingnya keberadaan Pokja Paud Kota Cirebon. Pokja ini gabungan dari berbagai elemen, mulai dari tim penggerak PKK, dinas pendidikan, organisasi profesi pendidikan anak usia dini dan lainnya.

"Pokja ini yang nantinya akan mengawal dan memfasilitasi sejumlah program yang telah dirancang oleh bunda PAUD se Kota Cirebon," pungkas Jaja.

Pada kesempatan yang sama, Jaja juga mengakui pentingnya pendidikan anak sejak usia dini, yaitu 0 hingga 6 tahun. Karena itulah, di Kota Cirebon dibentuk Pokja Paud yang ke depannya diharapkan bisa merancang sejumlah program yang bisa merangsang kreativitas dan kecerdasan anak dalam berfikir dan bertindak. [yud]


Komentar Pembaca