KOTA BANDUNG

Yana: PPDB Harus Transparan, Akuntabel Dan Berkeadilan

Pendidikan  SABTU, 04 MEI 2019 , 08:17:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Yana: PPDB Harus Transparan, Akuntabel Dan Berkeadilan

Yana Mulyana/Humas Pemkot

RMOLJabar. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai, pendidikan menjadi kendaraan untuk membawa masyarakat menuju kemajuan dan kesejahteraan. Mutu pendidikan yang baik menjadi faktor pendorong peningkatan daya saing, terutama bagi kota Bandung yang tidak memiliki sumber daya alam seperti daerah lain.

"Pengelolaan pendidikan harus maksimal, terutama untuk mencetak SDM berkualitas dan berdaya saing," ucap Yana pada acara Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Hotel Grand Pasundan, Jumat (3/5).

Yana pun terus memberikan semangat kepada pelaksana PPDB tahun ini. Pasalnya, demi pendidikan yang bermutu, maka sistem PPDB Kota Bandung harus memberikan kepuasan kepada masyarakat.

"Menegakan prinsip-prinsip PPDB yakni nondiskriminatif, objektif, transparan, akuntabel dan berkeadilan," pungkasnya.

Perlu diketahui, sesuai buku pedoman dinas Pendidikan Kota Bandung mengenai PPDB, pendaftaran PPDB pada 23-28 Mei 2019, pengumuman (31 Mei 2019), daftar ulang (17-18 Juni 2019).

Mengenai persentase PPDB SMP, 90% zonasi, 5% perpindahan tugas orang tua dan 5% jalur prestasi.

Mengenai zonasi, sistem PPDB berdasarkan pada jarak atau radius calon peserta dengan sekolah yang dituju dalam zona yang telah ditetapkan.

Adapun penentu zona PPDB terbagi 4 zona. Berikut zonanya:

Zona A,  Kecamatan Sukasari, Cidadap, Coblong, Cibeunying Kaler, Bandung Wetan, Sumur Bandung, Cibeunying Kidul dan Kecamatan Sukajadi.

Zona B, kecamatan Mandalajati, Antapani, Arcamanik, Cinambo, Panyileukan, Cibiru, Gedebage, Rancasari, Ujungberung dan Kecamatan Buahbatu.

Zona C, Kecamatan Kiaracondong, Batununggal, Lengkong, Regol dan Bandung Kidul.

Zona D, Kecamatan Cicendo, Andir, Bandung Kulon, Babakan Ciparay, Bojongloa Kaler, Bojongloa kidul dan Kecamatan Astanaanyar. [yud]


Komentar Pembaca