Pendidikan Karakter Harus Diperkuat

Pendidikan  SABTU, 04 MEI 2019 , 17:43:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Pendidikan Karakter Harus Diperkuat

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Pengamat dari Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Cecep Darmawan mengungkapkan, hingga saat ini jika dirata-rata tingkat pendidikan orang Indonesia masih belum lulus SMP.

"Beberapa hal memang kita mengalami kemajuan dari sisi angka meskipun kita masih ketinggalan dalam rata-rata lama sekolah secara nasional, masih  belum lulus SMP, artinya orang Indonesia yang sekian banyak yang lulusan S2, SE kalau di rata-rata masih banyak yang smp," kata Cecep kepada Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (4/5).

Disaat yang bersamaan persaingan global membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Selain itu Cecep juga menyoroti dari sisi karakter, menurutnya perlu adanya penguatan pendidikan karakter.

"Karena beberapa hal banyak kita menyaksikan misalnya banyak penyimpangan-penyimpangan misalnya terkait lingkup moralitas, korupsi ada di bidang pendidikan kita juga menemukan beberapa hal seperti itu," ujar Cecep.

Menurutnya sistem pendidikan di Indonesia saat ini masih temporer, dan terlalu jangka pendek dengan hanya dilihat dari sisi kuantitatif angka-angka, untuk mengejar target internasional. Padahal substansinya, pendidikan adalah soal karakter, seperti halnya iman, taqwa, disiplin, dan mandiri.

"Makanya pengejaran kognisi-kognisi sekolahan melalui ujian itu harus dipertimbangkan ulang, jadi yang terpenting sebenarnya pemerintah sekarang mau seperti apa membuat pendidikan kita." tandas Cecep. [aga]

Komentar Pembaca