Kondusifitas Kabupaten Bandung Dorong Kenaikan Investasi

Ekbis  MINGGU, 05 MEI 2019 , 16:04:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Kondusifitas Kabupaten Bandung Dorong Kenaikan Investasi

Ilustrasi/net

RMOLJabar. Bupati Bandung Dadang M Naser bersyukur dalam beberapa tahun terakhir nilai investasi di wilayah yang dipimpinnya terus mengalami trend positif.

Dadang menyebut banyak faktor yang sejauh ini mempengaruhi investasi itu salah satu diantaranya kondusifitas Kabupaten Bandung yang terjaga.

"Kondusifitas (keamanan daerah) ini cukup berpengaruh pada peningkatan investasi (dari para penanam modal) di Kabupaten Bandung," ujar Kang DN (begitu sapaannya).

DN mencatat pada tahun 2017 lalu nilai investasi penanam modal ada diangka Rp10,9  triliun dan melonjak cukup tinggi menjadi Rp16,8 triliun pada tahun 2018.

"Tentu (peningkatan) ini harus dijaga. Dan semua pihak bisa bersama sama dapat mewujudkan suasana aman, tertib, dan mengisi dengan kegiatan positif," katanya.

Naiknya investasi, lanjut DN, berpengaruh dalam penurunan angka pengangguran. Dimana pada tahun 2017 mencapai 11.825 jiwa dan tahun 2018 menjadi 7.514 jiwa.

"Tingkat pengangguran terbuka diwilayah Kabupaten Bandung itu sebagai angka pengangguran terkecil ke dua diantara Kabupaten / Kota se Jawa Barat," tuturnya.

Untuk menarik investor, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat pun kini mulai memudahkan izin bagi para penanam modal yang ingin mengembangkan usahanya.

Pelayanan izin secara terintegrasi melalui Sistem Online Single Submission (OSS) menjadi salah satu terobosan memudahkan para penanam modal di ibukota Soreang.

DPMPTSP juga telah meluncurkan program Sistem Layanan Online Cetak Sendiri (Siloncer) dan juga Sabilulungan Sistem Informasi Perizinan Terpadu (Samirindu).[son]



Komentar Pembaca