Kertajati Geser Husein Sastranegara: Infrastruktur Harus Siap

Ekbis  JUM'AT, 10 MEI 2019 , 18:14:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Kertajati Geser Husein Sastranegara: Infrastruktur Harus Siap
RMOLJabar. Rencana menggeser beberapa rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, menuju Bandara Kertajati, sangat mungkin untuk diterapkan.

Bahkan, hal tersebut bisa cepat terealisasi jika akses penunjang yakni infrastuktur darat menuju bandara internasional yang berada di Kabupaten Majalengka itu juga tuntas.

Begitu disampaikan Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaludin kepada Kantor Berita RMOLJabar, menyikapi sepinya Bandara Kertajati, Majalengka.

Menurut Awaludin bila pemindahan rute itu dilakukan nantinya Bandara Husein Bandung fungsinya akan menjadi alternatif layanan transportasi udara untuk masyarakat.

"Sesuai kesepakatan, antara operator penerbangan (AP II), lalu pengelola bandara PT BIJB dan Pemprov Jawa Barat semua menyelesaikan tugasnya. Berkaitan dengan topik pemindahan traffic (penerbangan) itu," ujarnya.

Awaludin berharap sebelum pergeseran dilakukan pihaknya ingin ada kepastian aksesibilitas transportasi darat. Dirinya juga sudah berkomunikasi dengan Gubernur Ridwan Kamil sangat intens terkait hal itu.

"Pemprov Jabar sepakat akan mengambil porsi untuk mempercepat pembangunan tol Cisumdawu. Bila itu tidak di siapkan butuh waktu dua jam lebih (penumpang) dari Bandung menuju Kertajati," tuturnya.

Soal pembagian rute, kata Awaludin, bisa dilakukan dengan dua kategori. Pertama untuk Bandara Husein nanti akan melayani pesawat berbadan kecil untuk penerbangan domestik, lalu pesawat jet menuju Kertajati.

"Yang rutenya pendek misalnya Bandung-Semarang, Bandung-Jogja, Bandung- Tajungkarang (Lampung), Bandung-Halim (Jakarta) ya gitu gitu lah bisa dilayani di Bandara Husein Sastranegara," pungkasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00