KOTA SUKABUMI

Harga Bawang Putih Dan Daging Ayam Terjun Bebas

Ekbis  SABTU, 11 MEI 2019 , 15:56:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Harga Bawang Putih Dan Daging Ayam Terjun Bebas

Pedagang Di Kota Sukabumi/RMOLJabar

RMOLJabar. Harga bawang putih di Kota Sukabumi mengalami penurunan secara drastis. Di mana saat ini harganya berkisar Rp36 ribu perkilogram.

"Hasil pantauan kami hingga Jumat (10/5) lalu harga bawang putih sudah berangsur turun dari awalnya Rp80 ribu, sekarang menjadi Rp36 ribu perkilogram," ujar Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Industri (Diskopdagrin) Kota Sukabumi Heri Sihombing saat dihubungi, Sabtu (11/5).

Terjun bebasnya harga tersebut akibat dari stok yang melimpah, sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kalau terjadi penurunan, bisa saja barangnya banyak. Sehingga stok yang ada mampu memenuhi kebutuhan," ucapnya.

Selain bawang putih, daging ayam pun mengalami penurunan. Di mana saat ini harganya berkisar Rp36 ribu perkilogram. Padalah sebelumnya bisa mencapai Rp45 ribu perkilogram.

"Jadi hasil pantauan kami, ayam dan bawang putih ini yang penurunannya signifikan. Padahal menjelan puasa harganya cukup tinggi," ungkapnya

Meskipun begitu, pihaknya akan terus memantau perkembangan harga sembako di Kota Sukabumi. Terutama menjelang Idul Fitri nanti.

"Khawatir penurunan harga ini merupakan ancang-ancang akan mengalami kenaikan. Sebab, tidak menutup kemungkinan H-7 harga sembako mengalami kenaikan," terangnya.

Menurutnya, pemantauan bukan hanya ke pasar saja, namun semua swalayan. Hal itu sebagai antisipasi adanya barang yang masa kadaluarsanya sudah habis, tetapi masih dijual.

"Kita akan super ekstra dan ketat dalam mengawasi semua kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Idul Fitri nanti. Jangan sampai terjadi kelangkaan barang atau permasalahan lainnya yang bisa menimbulkan gejolak di masyarakat," pungkasnya. [aga]

Komentar Pembaca