KOTA BANDUNG

Wali Kota Melbourne Apresiasi Produk Lokal

Ragam  SABTU, 11 MEI 2019 , 17:06:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Wali Kota Melbourne Apresiasi Produk Lokal

Sally Capp dan Umi Oded/RMOLJabar

RMOLJabar. Salah satu kunjungan Wali Kota Melbourne, Sally Capp saat berada di Kota Bandung adalah menuju galeri Batik Hasan dan galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung, Jumat (10/5). Di tempat ini, Sally melihat langsung produk lokal hasil karya 'urang' Bandung.

Di galeri Batik Hasan yang berlokasi di Jalan Cigadung, Sally menyaksikan proses pembuatan batik, dari mulai batik tulis hingga batik cap. Ia berbincang dengan Sania Sari, pengelola sekaligus menjadi generasi keempat penerus bisnis keluarga ini.

Sally bahkan mencoba langsung membuat batik cap dengan motif burung cangkurileung, ikon khas Kota Bandung. Setelah mencoba mencap sehelai kain panjang dengan malam, Sally juga melakukan proses pewarnaan dengan mencelupkan kain ke dalam pewarna.

Ia beserta rombongan yang terdiri dari Manajer Layanan Internasional & Masyarakat, David Livingstone, Konsulat Jenderal RI di Melbourne, Spica Alphanya Tutuhatunewa, Wakil Konsulat untuk bagian protokoler, Perthalia Rosul, dan perwakilan dari Victoria Government di Jawa Barat Huda Albana, lantas mengunjungi galeri Dekranasda di Bandung Creative Hub (BCH).

Di BCH, Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah Oded langsung menyambut Sally. Ia pun mengajak Sally untuk berkeliling memperlihatkan produk-produk unggulan galeri itu.

Umi Oded, sapaan karib Siti Muntamah, mengaku senang dengan kedatangan tamu Kota Bandung itu. Ia merasa beruntung karena Dekranasda melalui produk-produk kreatif warga bisa menjadi bagian dari cerita perjalanan Sally ke Indonesia ini.

"Saya senang sekali ketika beliau berkunjung ke sini. Ini mungkin bisa menjadi salah satu harapan kita menjadi sister city. Sehingga kita bisa punya hubungan yang lebih mendalam tentang apa yang mereka miliki, apa yang diperlukan oleh kita. Take and give," ucap Umi Oded.

Sally sangat mengapresiasi semua hasil karya lokal warga Bandung. Menurutnya, karya-karya inilah yang memberikan kekuatan pada Kota Bandung di sektor pariwisata.

"Hal yang paling penting adalah elemen tradisional yang unik dari komunitas lokal, karena itulah yang membuat orang tertarik untuk datang," kata Sally.

Ia merasa beruntung bisa melihat langsung karya-karya tersebut. Ia berharap warganya juga bisa merasakan pengalaman ini.

"Saya sangat senang ada di sini untuk melihat produk lokal. Saya tahu saat warga Melbourne atau Australia datang ke Bandung, mereka akan punya pengalaman yang sangat unik dan mereka akan cerita banyak ketika mereka pulang," pungkasnya. [aga]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Anak Pengungsi Dan Debu Jalanan

Anak Pengungsi Dan Debu Jalanan

KAMIS, 11 JULI 2019 , 04:26:00