DPC SPI Sebut Dinas Pertanian Cirebon Kurang Peduli Nasib Petani

Ekbis  SABTU, 11 MEI 2019 , 23:08:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

DPC SPI Sebut Dinas Pertanian Cirebon Kurang Peduli Nasib Petani

Ilustrasi/net

RMOLJabar. Para petani di Kabupaten Cirebon belum menikmati hasil panen padi. Bahkan, cenderung alami kerugian lantaran saat panen harga gabah di lingkup petani menurun drastis.

Sekretaris Majelis Pertimbangan (MP) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Cirebon, Dedi Supriyatno menilai anjloknya harga gabah bagi Petani disebabkan program ketahanan pangan di lingkup Pemda Kabupaten Cirebon belum berjalan maksimal.

"Seharusnya petani lebih sejahtera, malah sekarang sebaliknya. Menurut kami kepada pihak Dinas terkait dalam hal ini Dinas pertanian harus tahu di lapangan gimana caranya supaya ada solusi harga gabahnya lebih tinggi agar petani tidak dirugikan, apalagi program pemerintah soal ketahanan pangan, minimal hasil pertanian di kabupaten Cirebon lebih banyak sesuai dengan program pemerintah," ujar Dedi kepada RMOL Jabar, Sabtu (11/5).

Dedi menyebutkan, kondisi harga gabah sekarang, berada di angka Rp. 4.500 per Kg. Seharusnya, di atas itu. Akibatnya, petani merugi. Mereka tidak bisa menikmati hasil panennya karena gabah dijual murah.

Dedi mempertanyakan kinerja dan upaya Pemda Kabupaten Cirebon. Dirinya mendesak Pemda untuk mengeluarkan payung hukum tingkat daerah terkait pengalihan fungsi lahan pertanian yang selama ini menjadi penyebab anjloknya harga gabah.

"Yang jadi pertanyaan kami kenapa Pemkab Cirebon sampai sekarang belum mengeluarkan peraturan Pemkab yang mengatur soal Alih fungsi lahan yang artinya bahwa lahan yang produktif tidak boleh dibangun perkantoran, gedung, perumahan. Kami berharap pejabat yang baru dalam hal ini Bupati yang baru berupaya bisa mengeluarkan PERDA soal Alih Fungsi lahan dan semoga Bupati yang baru peduli soal Pertanian di kabupaten Cirebon," demikian Dedi.[son]



Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00