Pengamat: Demokrat Berpeluang Pindah Koalisi Untuk Siapkan AHY Di 2024

Politik  MINGGU, 12 MEI 2019 , 20:03:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Pengamat: Demokrat Berpeluang Pindah Koalisi Untuk Siapkan AHY Di 2024

Pengamat Politik Asep Deni/RMOLJabar

RMOLJabar. Pengamat politik Asep Deni menilai, Partai Demokrat kemungkinan besar berpindah koalisi. Hal itu berkaca dari awal gabungnya ke koalisi 02 dan raihan partai berlambang mercy saat ini.

"Demokrat itu yang terakhir gabung ke koalisi 02. Hal itu setelah koalisi 01 menutup bagi partai lain. Makanya tidak habis-habisan mendukung. Meskipun elit politiknya mengatakan sudah bekerja," ujarnya, kepada Kantor Berita RMOLJabar, Minggu (12/5).

Perolehan Partai Demokrat saat ini tidak cukup bagus. Bahkan lebih rendah dibanding pemilu sebelumnya.

"Berdasarkan real count sementara saja, raihan Demokrat hanya 7,9 persen. Di bawah Nasdem dan PKB. Jadi lobi politik saat ini menandakan situasi politik terakhir," ucapnya.

Selain itu, Demokrat menyiapkan untuk pemilu 2024. Partai berlambang mercy itu ingin mengambil peran dengan menyiapkan AHY. Oleh karena itu, satu-satu cara masuk ke kabinet ialah merapat ke Jokowi.

"Kalau masuk ke dalam lingkungan kekuasaan, namanya akan terpelihara. Walaupun suaranya tidak bagus. Kalau di luar, berat juga," ungkapnya.

Sebab, mereka harus mengambil strategi politik untuk memersiapkan 2024-2029. Saat inilah strategi yang dilakukan Demokrat untuk mengusung kadernya.

"Ini juga untuk memertahankan elektabilitas Demokrat di masa yang akan datang," pungkasnya. [yud]


Komentar Pembaca