Sambut Mudik, Dishub Ingatkan PO Bus Perhatikan Kondisi Kendaraan

Peristiwa  SENIN, 13 MEI 2019 , 16:46:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Sambut Mudik, Dishub Ingatkan PO Bus Perhatikan Kondisi Kendaraan

Zeis Zultaqawa/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung mengingatkan seluruh Perusahaan Otobus (PO) memperhatikan kondisi kendaraan yang dimilikinya sebelum dimanfaatkan masyarakat untuk mudik.

Kepala Dishub Kabupaten Bandung Zeis Zultaqawa mengatakan pengecekan itu perlu untuk menciptakan keamanan dan keselamatan pengguna jalan, penumpang maupun awak kendaraan di perjalanan.

"Kami juga akan melakukan pemeriksaan (kondisi kendaraan) ke pool-pool bus dan kepada pihak PO bus diingatkan lagi agar tidak mengabaikan kondisi kendaraan yang dikelolanya," ungkap Zeis, Senin (13/5).

Zeis menegaskan jajarannya sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah tak segan memberikan sanksi kepada PO bus yang lalai dan melanggar aturan. Apalagi, mayoritas penumpang percaya kepada PO.

"Maka dari itu kami imbau, kepada PO bus cek kendaraan secara rutin (sebelum melakukan perjalanan). Jangan sampai karena mengejar target lalu mengabaikan kondisi dari kendaraannya," terang Zeis.

Lebih lanjut, kata Zeis, pemeriksaan jelang arus mudik juga nanti akan di intensifkan jajaran Dishub bersama jajaran kepolisian sebagai antisipasi dan menekan tingkat kecelakaan akibat kondisi kendaraan.

"Saat ditemukan persoalan dokumen akan ditindak tergantung kondisi. Bila tak ada SIM dan STNK, pihak kepolisian yang melakukan tindakan. Apabila kendaraan yang tak laik jalan, kami langsung tahan," pungkasnya.[son]

Komentar Pembaca