Terdampak Longsor, 165 Warga Cililin Bakal Lebaran Di Pengungsian

Peristiwa  SENIN, 13 MEI 2019 , 22:08:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Terdampak Longsor, 165 Warga Cililin Bakal Lebaran Di Pengungsian

RMOLJabar

RMOLJabar. Bencana longsor menerjang dua desa di Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada minggu (12/5) malam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mendata sedikitnya 165 orang warga mengungsi dan puluhan rumah rusak. Akibatnya dipastikan lebaran tahun ini mereka tidak bisa lebaran di rumah masing-masing.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo menerangkan, terjadi tiga titik longsor yang waktunya nyaris bersamaan usai intensitas hujan tinggi di sekitar Cililin.

Titik longsor pertama terjadi di Kampung Cicapeu RW 6, Desa Kidang Pananjung, Cililin dari tebing setinggi 30 meter mengakibatkan 8 bangunan rusak berat, 13 bangunan rusak sedang, dan 33 bangunan rusak ringan, ditambah satu masjid rusak berat.

"Untuk yang di Kidangpananjung 166 orang mengungsi. Petugas kami telah berada di lokasi dan lakukan asesmen pengkajian bencana sekaligus membantu evakuasi barang-barang warga," katanya melalui sambungan telepon, Senin (13/5).

Tak hanya di Kidangpananjung, Duddy pun menyebut hari yang sama bencana longsor terjadi masih di Cililin, tepatnya di Kampung Tegalpanjang RT 1/15, Desa Mukapayung, Cililin, dengan berdampak pada satu rumah rusak berat dan 5 rumah lainnya terancam. Kemudian, longsor terjadi di Kampung Cikoneng RT 4/15, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, berdampak pada dua rumah rusak ringan.

"Meski tidak ada korban jiwa, kami imbau warga tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana susulan dan masyarakat yang terdampak sudah mengungsi ke tempat aman," ujarnya. [jar]

Komentar Pembaca