Banyak Pelanggaran, Bawaslu Jabar Damprat KPU Sukabumi

Politik  SENIN, 13 MEI 2019 , 22:24:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Banyak Pelanggaran, Bawaslu Jabar Damprat KPU Sukabumi

RMOLJabar

RMOLJabar. Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Jabar Sutarno menjelaskan adanya coretan dalam c1 yang menyebabkan KPU Kota Sukabumi mendapatkan peringatan tertulis terkait pelanggaran administratif oleh Bawaslu.

Putusan tersebut berdasarkan fakta-fakta yang ada saat persidangan. "Sejumlah fakta dalam persidangan tersebut diakui terlapor KPU Kota Sukabumi. Sehingga diputuskan bahwa KPU Kota Sukabumi melanggar administratif pemilu," ujarnya saat dihubungi Kantor RMOLJabar, Senin (12/5)

Pelanggaran administratif tersebut berkaitan penulisan c1 banyak yang tidak sesuai dengan norma yang seharusnya. Mulai dari adanya coretan pembetulan namun tidak diparaf. Selain itu perolehan suara partai dan caleh ada yang dituliskan jumlah dan keterangannya. Termasuk ada juga keliru penulisannya," ucapnya.

Selain itu, pelapor juga mempersoalkan DPK di satu kecamatan yang ada di Kota Sukabumi. Dalam hal ini, jumlah DPK mencapai 100 persen.
"Ada indikasi penggelembungan suara. Namun dalam persidangan tidak bisa dibuktikan, terkait persoalan DPK dengan penggelembungan suara," ungkapnya.

Terkait pelapor sendiri ialah Mustofa yang merupakan caleg DPR RI dari Partai Gerindra. Caleg DPR RI untuk Sukabumi bernomor urut tiga ini secara langsung melaporkan KPU Kota Sukabumi ke Bawaslu Jabar. [jar]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00