KABUPATEN CIREBON

Pria Pembuat Video Adu Domba TNI/Polri Ditetapkan Tersangka

Hukum  SELASA, 14 MEI 2019 , 04:47:00 WIB | LAPORAN: NAJMUDIEN M HABIBIE

Pria Pembuat Video Adu Domba TNI/Polri Ditetapkan Tersangka

AKBP Suhermanto/Net

RMOLJabar. Ditreskrimum Polda Jawa Barat dan Polres Cirebon menangkap pria yang diduga mengadu domba TNI/Polri. IAS ditangkap di kediamannya di Blok Kolam Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Cirebon.

Dugaan adu domba itu muncul lantaran video IAS viral. Video berdurasi 1 menit 57 detik itu diunggah di akun media sosial Facebook milik IAS pada Minggu (12/5) kemarin.

"Tadi pagi pukul 01.30 anggota kami bersama tim Resmob Ditreskrimum Polda Jabar melakukan penangkapan terhadap seseorang yang telah membuat video dan memviralkan ujaran kebencian dan provokatif,” ujar Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, Senin (13/5).

Video yang disebarluaskan oleh IAS mengandung unsur provokasi yang sangat berbahaya dan mengadu domba TNI/Polri. Selain itu, IAS juga menyebarkan informasi hoax bahwa tanggal 22 Mei adalah hari lahirnya Partai Komunis Indonesia atau PKI.

"Dalam video itu sangat berbahaya mengandung unsur provokasi mengadu domba antara TNI Polri, ada juga berita bohongnya yang menyebutkan 22 Mei adalah hari ulang tahun PKI yang itu tidak benar,” ungkapnya

Saat ini, yang bersangkutan masih diperiksa secara intensif di Mapolres Cirebon untuk mengetahui motivasi dan tujuan penyebaran video tersebut. IAS juga sudah berstatus tersangka karena melanggar UU ITE dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara dan denda 500 juta.

"Kepada seluruh masyarakat untuk saling menyejukkan sampai dengan pengumuman KPU tanggal 22 Mei nanti dan mudah terprovokasi oleh berita provokatif," tandasnya

"Jangan sampai ada berita provokatif untuk aksi inskonstitusional. Kita harus jaga kesucian bulan ramadhan,” pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00