Panglima TNI : Pemilu Jangan Mengakibatkan Perpecahan

Peristiwa  SELASA, 14 MEI 2019 , 07:39:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Panglima TNI : Pemilu Jangan Mengakibatkan Perpecahan

Safari Ramadhan Panglima TNI/dok

RMOLJabar. Pangliman TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menilai, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden secara serentak pada 17 April 2019, berjalan aman dan damai.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI dalam kegiatan Safari Ramadhan di Kodam III/Siliwangi, Senin (13/5) malam. Hadir Bersama Panglima TNI, Kapolri Jenderal Pol M Tito Karnavian.

"Syukur alhamdulillah pesta demokrasi bisa dilaksanakan dengan aman, damai, dan demokratis. Saat ini kita masih pada tahapan penghitungan suara yang insya Allah nanti tanggal 22 Mei 2019 secara resmi KPU akan menetapkan siapa yang melanjutkan kepemimpinan 2019-2024," kata Hadi.

Selain mensyukuri jalannya pesta demokrasi yang dinilainya aman dan damai, Panglima TNI juga berharap semua pihak menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum untuk mendinginkan tensi politik di Indonesia. Dia mengajak semua elemen bangsa kembali merajut persaudaraan sesama anak bangsa.

"Marilah kita sejenak menenangkan diri di bulan Ramadhan ini bersama-sama merenungkan tentang pentingnya silaturahmi demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang sama-sama kita cintai," tutur Panglima.

Meski begitu, Hadi menegaskan, TNI-Polri bersama masyarakat luas harus tetap mengawal sampai seluruh proses Pemilu 2019 dituntaskan dengan baik. Oleh karena itu seluruh prajurit TNI dan Polri diminta untuk tetap siaga guna mengawal proses demokrasi ini.

"Tugas belum selesai. Masih ada tahapan berikutnya menuntut anggota mengamankannya. Saya minta prajurit tetap siaga," tegas Panglima.

Selanjutnya, ia meminta kepada seluruh anggota TNI untuk membangun kesadaran berfikir dari masyarakat, yaitu perbedaan dalam sebuah kontestasi politik, bukanlah sebuah alasan untuk memecah belah bangsa, atau memperkuat kesadaran Bhinneka Tunggal Ika.

"Bangun pola kesadaran di tengah-tengah masyarakat bahwa perbedaan dalam Pemilu janganlah mengakibatkan perpecahan sesama anak bangsa," pungkasnya.[son]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00