KABUPATEN KARAWANG

Dinas PUPR Mulai Tambal Sulam Jalur Mudik

Pemerintahan  SELASA, 14 MEI 2019 , 22:13:00 WIB | LAPORAN: NURJAYA BACHTIAR

Dinas PUPR Mulai Tambal Sulam Jalur Mudik

Tambal sulam jalur mudik/RMOLJabar

RMOLJabar. Menjelang arus mudik dan balik lebaran, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Karawang, mulai melaksanakan proses perbaikan jalan di sejumlah titik. Misalnya di jalan rusak serta berlubang di ruas jalan Palumbonsari-Lamaran, Krasak Cilamaya hingga Cikalong menuju pantura Cirebon.

Menurut Kepala Bidang Pemeliharaan jalan PUPR Kabupaten Karawang, Bambang, menjelang mudik lebaran 2019, ruas jalan yang rusak dan berlubang mulai diperbaiki dengan sistem tambal sulam di sejumlah titik karena kondisi jalan rusak ringan.

"Kalau secara umum sebetulnya untuk ruas Palumbon-Krasak kondisinya relatif baik, hanya saja memang di beberapa titik butuh dilakukan penanganan atau perbaikan," ungkap Bambang, Selasa (14/5).

Masih kata Bambang, ruas jalan Palumbon-Krasak Cilamaya yang berlubang dari hasil survei lapangan sepanjang lima kilometer. Dinas sudah menyiapkan sekitar 20 ton aspan hotmix. Diprediksi dalam dua hari kedepan kerusakan tambal sulam sudah selesai.

"Panjang jalan yang rusak ada sekitar 5 kilometer, dalam dua hari bisa selesai. Proses pembenahan menggunakan alat berat tersebut rata-rata dikebut pada malam hari, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas," tegasnya.

Pihaknya juga akan segera meminta kepada pihak swasta yang menggunakan ruas jalan Cikalong -Cilamaya untuk segera memperbaiki jalan yang digunakan aktivitas proyek PLTGU Cilamaya. Disamping itu melakukan perawatan rutin karena kondisi jalan rusak berat, sehingga arus mudik dan balik di jalur ini lancar semua.

Bambang menambahkan, seluruh proses pembenahan ruas jalan alternatif khusus motor tersebut ditargetkan selesai maksimal pada H-10 lebaran. Sehingga tidak menganggu arus mudik lebaran.

"H-10 sudah selesai, sehingga ruas jalan khusus motor sudah bisa dilalui pemudi," pungkaanya. [gan]

Komentar Pembaca