Paska Dilantik, Bupati Cirebon Disarankan Bentuk TBUPP

Politik  RABU, 15 MEI 2019 , 00:16:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Paska Dilantik, Bupati Cirebon Disarankan Bentuk TBUPP

Sugianto/RMOLJabar

RMOLJabar. Pasangan Bupati-Wakil Bupati Cirebon terpilih, Sunjaya Purwadisastra-Imron Rosyadi, akan dilantik dalam waktu dekat. Pemenang kontestasi Pilkada serentak 2018, menurut jadwal akan dilantik pada 17 Mei 2019 ini.

"Masyarakat Kabupaten Cirebon dalam waktu dekat tanggal 17 Mei 2019 akan memiliki pemimpin baru hasil Pilkada langsung yang dilaksanakan Maret 2018 sebagai wujud hasil pilihan rakyat," ungkap Akademisi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Sugianto kepada Kantor Berita RMOL Jabar, Selasa (14/5).

"Dengan pemimpin baru ini sebuah tantangan Bupati-Wakil Bupati Cirebon terpilih dapat mensejahterakan rakyat tentunya dalam waktu 100 hari kerja pasca dilantik Gubernur Jawa Barat," imbuhnya.

Menurut Sugianto, Bupati-Wakil Bupati Cirebon yang baru dilantik nanti, setidaknya wajib merealisasikan program yang dijanjikan pada saat kampanye pada Pemilu lalu.

Meski pelantikan Sunjaya-Imron tetap dilaksanakan, Jabatan Bupati yang disandang Sunjaya hanya bersifat sementara. Hal itu, karena dirinya sedang menghadapi proses hukum kasus Tipikor.

"Diprediksi Sunjaya Purwadisastra sebagai Bupati yang dinonaktifkan dari jabatannya pasca dilantik bersama dengan H Imron Rosyadi sebagai Wakil Bupati yang juga sebagai PLT Bupati Cirebon, karena Sunjaya Purwadisastra masih berproses hukum di Pengadilan Tipikor Bandung sampai menunggu vonis majelis Hakim yang berkekuatan hukum tetap, terkecuali tidak ajukan banding," jelasnya.

Atas hal itu, Sugianto meminta Imron Rosyadi dapat memperkuat Fondasi bersama jajaran SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) untuk mewujudkan tantangan Bupati pada rakyat Kabupaten Cirebon. Di samping itu Bupati dapat membangun sinergitas dengan Forpimda (Forum Pimpinan Daerah).

"Diperkirakan lambatnya awal Juni 2019 H Imron Rosyadi dilantik sebagai Bupati Definitif Kabupaten Cirebon periode 2019-2024," urainya.

Sugianto yang juga Ketua DPW APHI (Asosiasi Profesi Hukum Indonesia) Jawa Barat ini pun meminta Bupati dapat membentuk TBUPP (Team Bupati Untuk Percepatan Pembangunan).

Dikatakannya, kedudukan TBUPP sebagai organisasi di luar struktur pemerintah daerah yang dibentuk Bupati dalam rangka mensinergikan program pemerintah daerah. TBUPP sebagai kendali Bupati sebelum mengambil kebijakan untuk mewujudkan program pembangunan masyarakat Kabupaten Cirebon bermartabat.

"Tentunya kedudukan TBUPP (Team Bupati Untuk Percepatan Pembangunan) harus diisi orang-orang profesional dan mumpuni kompetensi keilmuan tentunya orang-orang yang berkemampuan baik bidang ekonomi, hukum, politik, dan insfrastruktur," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

Latma CT CPX TNI-SAF Berakhir

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 11:18:00