Jelang Lebaran, Penukaran Uang Mulai Diserbu

Ekbis  RABU, 15 MEI 2019 , 07:40:00 WIB | LAPORAN: NAJMUDIEN M HABIBIE

Jelang Lebaran, Penukaran Uang Mulai Diserbu

Mobil penukaran uang/RMOLJabar

RMOLJabar. Menjelang datangnya Lebaran 2019 ini, masyarakat mulai sibuk untuk menukarkan uang pecahan besar menjadi pecahan kecil. Nantinya akan dibagi-bagikan kepada sanak famili di rumah maupun kampung halaman. Kegiatan ini seolah sudah menjadi tradisi yang terjadi di Indonesia, ketika Lebaran akan tiba.

Seperti yang terlihat di halaman masjid At-Taqwa Kota Cirebon. Ratusan masyarakat berbondong-bondong datang untuk menukarkan pecahan uang, yang digunakan untuk Lebaran. Layanan penukaran uang tersebut digelar olah Bank Indonesia yang bekerja sama dengan bank-bank lain, seperti Bank BCA, BNI, BNI Syariah, Bank BJB, BRI, BRI Syariah, dan Mandiri.

Layanan penukaran uang tersebut dilakuan di mobil-mobil khusus perbankan tersebut yang diparkir di halaman parkir Masjid At-Taqwa, sebanyak 8 unit. Untuk bisa menukarkan uangnya, masyarakat harus mengisi formulir terlebih dahulu berupa nama, nomor hp, dan jumlah nominal uang yang akan ditukarkan. Kemudian, mereka diharuskan menunggu nomor antrean dipanggil, sesuai yang tertera di formulir tersebut.

Menurut salah satu warga yang sedang menukarkan uang, Jupri, dirinya sengaja datang ke tempat tersebut karena memang ingin menukarkan uang untuk Lebaran nanti, yang akan dibagikan kepada sanak familinya.

"Saya mah tiap tahunnya rutin datang lebih awal untuk menukarkan uang di sini, walaupun saya belum dapet uang THR (Tunjangan Hari Raya) dari kantor tempat saya bekerja," ujarnya, Selasa (14/5) kemarin.

"Datang lebih awal biar gak kehabisan uang pecahan kecilnya mas, karena saya tiap menukarkan dengan jumlah banyak," tandasnya. [gan]


Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00