Parpol Baru Tak Mampu 'Tembus' Ke DPRD Kabupaten Bandung

Politik  RABU, 15 MEI 2019 , 14:07:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Parpol Baru Tak Mampu 'Tembus' Ke DPRD Kabupaten Bandung

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Berdasarkan data hasil rekap suara Pemilu 2019, dipastikan tidak ada partai politik (parpol) baru yang mampu menempatkan wakilnya untuk mengisi kursi legislatif di DPRD Kabupaten Bandung.

Seperti diketahui, di ajang pesta demokrasi yang telah dilaksanakan pada Rabu 17 April lalu setidaknya ada sebanyak 4 parpol berkategori baru yang ikut bertarung dalam pemilihan legislator diberbagai tingkatan.

Di Kabupaten Bandung sesuai catatan perolehan akhir suara dari KPU setempat yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, ke-4 parpol baru itu sulit mendapatkan simpatik dari para pemilih ketimbang parpol lama.

Mulai dari Partai Garuda, Partai Berkarya, Perindo, dan PSI, tercatat hanya mampu mendulang suara sah untuk label partai politik dibawah 21.000 suara. Padahal total suara yang diperebutkan sekitar 2,3 juta.

Partai Garuda misalnya tercatat meraih suara sah 4.990 suara dari masyarakat Kabupaten Bandung. Sementara itu, Partai Berkarya yang dirintis oleh keluarga cendana hanya mampu meraup 17.966 suara.

Partai besutan Harry Tanoesoedibjo yakni Perindo pun gagal bersinar di Kabupaten Bandung karena hanya meraih suara sah sebanyak 20.311 suara, begitupun PSI yang tercatat hanya mendapatkan 11.884 suara.

Hasil tak memuaskan pun dialami PBB (Partai Bulan Bintang). Partai tersebut memperoleh 6.719 suara. Walau terbentuk lama, PBB belum pernah menempatkan wakilnya di DPRD Kabupaten Bandung.

Sedangkan PKPI (Partai Keadilan Persatuan Indonesia) tercatat menjadi peraih suara terkecil di label parpol hanya 2.230. PKPI satu satunya partai yang tak mendaftarkan calegnya untuk Pileg di Kabupaten Bandung. [jar]


Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00