Polda Jabar Ringkus Penyebar Video Hoax Penghitungan di PPK Plumbon

Hukum  RABU, 15 MEI 2019 , 15:37:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Polda Jabar Ringkus Penyebar Video Hoax Penghitungan di PPK Plumbon

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko/RMOLJabar

RMOL. Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) kepolisian Daerah (Polda) Jabar meringkus seorang pria berinisial RGS (45) yang diduga melakukan penyebaran video hoaks di media sosial.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan, tersangka RGS melakukan penyebaran berita bohong terkait rekapitulasi suara di tingkat kecamatan Plumbon.

"Tersangka ini memposting bahwa penghitungan di PPK Plumbon itu tertutup, tapi faktanya tidak," ucap Truno di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Rabu, (15/5).

Truno menyebutkan tersangka RGS memproduksi video tersebut dengan cara selfi atau melakukan perekaman sendiri.

"Tersangka ini Memproduksi sendiri Video menggunakan Handphone milik pribadi, selanjutnya rekaman video tersebut viral di media sosial Facebook dan Youtube," ujar Truno.

Selanjutnya, Truno menambahkan atas perbuatannya tersebut tersangka RGS dijerat pasal 45a Ayat (2) Jo Pasal 28 Ayat (2) UU No.19 Tahun 2016 tentang perubahan terhadap UU No. 11 tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 14 ayat (1) dan Pasal 15 UU No. 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Ancaman hukuman penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak dua milyar rupiah," pungkas Trunoyudo.

Perlu diketahui, video tersangka RGS berdurasi 45 detik tersebut berisi, "Hari ini Rapat Pleno Terbuka Perhitungan C1 di PPK Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, akan tetapi kami merasa aneh sekali Rapat Pleno ini tertutup masyarakat tidak boleh melihat, bahkan para saksi pun itu dipersulit untuk masuk, ini enak-enakan nih petugas-petugas yang ada didalam ini mau mengurangi mau menambahi ini kita viralkan ini kami mohon bantuan dari saudara sekalian untuk memviralkan, salam akal sehat, salam 02 Prabowo Sandi Menang Allahuakbar. [jar]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00