Jabar Punya Mobil Aspirasi Kampung Juara

Pemerintahan  KAMIS, 16 MEI 2019 , 07:20:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Jabar Punya Mobil Aspirasi Kampung Juara

Launching Maskara/dok

RMOLJabar. Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) di Sasana Budaya Ganesha Bandung. Mobil siaga multifungsi tersebut akan disebar ke setiap desa di Jabar.

Wakil Gubernur Jabawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Maskara merupakan inovasi Pemdaprov demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Nantinya, Kepala Desa yang bertugas mengelola Maskara.

"Ini adalah inovasi kami untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat oleh para Kades. Kami memformat khusus mobil ini multifungsi, sehingga dengan mobil ini pelayanan bisa lebih baik," ucap Uu, Rabu (15/5)..

Menurutnya, mobil pelayanan canggih tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat desa untuk mengangkut hasil pertanian, hiburan, dan Pondok Bersalin Desa (Polindes).

"Ada fungsi hiburannya seperti layar tancap, hajatan dan poliklinik," katanya.

Dikatakan Uu, pihaknya menyediakan 120 unit pada peluncuran pertama. Jumlah tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya. Selain itu, Pemprov Jabar menggandeng pihak swasta, supaya pendanaan Maskara tak hanya bersumber dari APBD.

"Ini untuk 120 desa dulu, tapi nanti berlanjut dan jumlahnya akan bertambah dari donatur. Karena kita tidak hanya menggunakan dana APBD saja, tapi dari swasta," ungkapnya.

Sementara itu, desa pertama yang dapat mengoperasikan Maskara adalah Desa Majasari yang berstatus sebagai desa terbaik se-Jabar. Apalagi, pada 2016, Desa Majasari merupakan salah satu desa terbaik di Indonesia.

Oleh karena itu, Uu berharap desa lain dapat meniru Desa Majasari.

"Saya berikan pertama kepada desa Majasari yang pernah juara desa nasional dan desa lain harus menirunya. Saya harap para Kades merawat dan memanfaatkan kehadiran Maskara," tandasnya.[son]

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00