Deep Sebut Pemilu Serentak 2019 Rugikan Partai-Partai Politik

Politik  KAMIS, 16 MEI 2019 , 07:43:00 WIB | LAPORAN: SONY FITRAH P

Deep Sebut Pemilu Serentak 2019 Rugikan Partai-Partai Politik

Yusfitriadi/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 sita perhatian publik, disisi lain pemilihan anggota legislatif kurang seperti hanya pelengkap saja.

Demikian disampaikan Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP),Yusfitriadi,  usai dialog publik terkait Efektifitas Pemilu Serentak 2019, di Bandung, Rabu (16/5).

"Untuk partai politik (Pemilu Serentak 2019) sangat merugikan, karena baik media, elit pokitik hingga masyarakat awam isu dan perhatiannya terkuras untuk Pilpres,"katanya.

Selama masa kampanye, lanjut Kang Yus sapaan akarbanya, perhatian publik terfokus pada dua faksi kekuatan politik di Pilpres. Sementara urusan Pileg dan pemilihan anggota DPD seperti tidak lagi jadi isu penting.

Menurut Kang Yus situasi itu jadi masalah substansial di Pemilu serentak 2019. Baginya wajar jika banyak pihak kemudian menginginkan dilakukan perubahan teknis pemilihan serentak di tahun 2024 nanti."Opsi-opsi sudah mulai dimunculkan," demikian Yusfitriadi.

"Secara umum Yus melihat ada, beberapa opsi perubahan teknis Pemilu Serentak di tahun 2024. Opsi pertama, sebut Kang Yus, Pemilu srentak dipisah antara pemilihan pemimpin dan pemilihan anggota legislatif dan DPD. "Pilpres, Pilgub dan Pilbup/Pilwalkot dipisahkan dengan Pemilihan anggota DPR RI, DPRD dan DPD," katanya.

Opsi kedua, lanjutnya, Pilpres, Pilgub, Pilkada diaatukan dengan Pileg dan pemilihan anggota DPD. "Namun suporting teknis disesuaikan dengan beban yang diatur dengan UU no. 7 tahun 2017," sebutnya.

Kang Yus lebih lanjut mengatakan bila ada opsi lain yang muncul belakangan, yakni mengembalikan sistem pemilihan calon legislagif pada sistem pemilihan proporsional tertutup dimana masyarakat hanya memilih partai politik saja."Jadi yang memilih anggota legislatifnya nanti partai politik," cetusnya.[son]

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00