Dapur Ramadhan ACT Untuk Masyarakat Buah Batu

ACT  KAMIS, 16 MEI 2019 , 16:11:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Dapur Ramadhan ACT Untuk Masyarakat Buah Batu

Dapur Ramadhan ACT /RMOLJabar

RMOLJabar. Dapur Ramadhan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang ada di Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah batu, Bandung, tiap harinya mengepulkan asap. Aroma masakan dengan bermacam rempah tercium.

Dari tangan-tangan terampil relawan koki ACT Jabar, berbagai sajian iftar diproduksi. Di dapur ini, ratusan porsi makanan siap santap untuk berbuka puasa tersaji untuk masyarakat Bandung.

Kepala Cabang ACT Jawa Barat, Renno menjelaskan, dapur ini akan memproduksi makanan siap santap selama Ramadhan. Makanan itu nantinya akan dibagikan ke masyarakat prasejahtera yang ada di Bandung.

"Proses masak dipusatkan di dapur pusat yang ada di Margahayu Raya. Biasanya para relawan memasak dan mengemas makanannya dari pagi sampai siang atau agak sore," ucap Renno, dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (16/5).

Renno menambahkan, dengan pemusatan masak dilakukan di satu tempat, memungkinkan untuk menjaga kebersihan makanan dari mentah hingga masak.

"Proses memasak hingga pengemasan dilakukan di Dapur Ramadhan, untuk kemudian didistribusikan menggunakan mobil atau motor," katanya.

Pada Selasa (14/5) kemarin, menu berbuka berupa nasi putih, ayam bumbu, tempe bumbu, serta sayur, juga tak tertinggal puding dan buah sebagai pencuci mulut disajikan. Warga di sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Sukapura di Kiaracondong yang giliran menikmatinya.

"Masakannya enak, terima kasih sudah memberikan kami hidangan untuk berbuka," ungkap Dedi, salah satu warga di sekitar TPA Sukapura.

Octa dari tim Program ACT Jabar menjelaskan, pendistribusian masakan dari Dapur Ramadhan menyasar masyarakat prasejahtera di Bandung.

"Tim ACT melakukan asesmen terlebih dahulu untuk kemudian ratusan paket makanan didistribusikan," ungkapnya.

Selain Dapur Ramadhan, untuk pemenuhan berbuka puasa, ACT juga meluncurkan Humanity Food Truck selama Ramadan. Dijadwalkan beberapa lokasi di Bandung akan disambangi truk berdapur ini. Seribu porsi akan tersedia dan dibagikan kepada warga prasejahtera. [din]



Komentar Pembaca