KABUPATEN BANDUNG

Disnaker Ultimatum Perusahaan Agar Berikan THR Tepat Waktu

Pemerintahan  KAMIS, 16 MEI 2019 , 19:48:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Disnaker Ultimatum Perusahaan Agar Berikan THR Tepat Waktu

Ilustrasi THR/Net

RMOLJabar. Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bandung mengingatkan seluruh perusahaan yang berada di wilayahnya untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) tepat waktu.

Kepala Disnaker Kabupaten Bandung Rukmana mengungkapkan, sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja nomor 6 tahun 2016 pemberian THR kepada pekerja itu paling lambat dilakukan H-7 Idul Fitri.

"Waktu pemberian THR yang menjadi kewajiban perusahaan sesuai Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja RI Nomor SE.02/ MEN/V/2018 Tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya Kagamaan," ujar Rukmana kepada wartawan, Kamis (16/5).

Dalam peraturan, lanjut dia, disebutkan pengusaha wajib memberikan THR keagamaan kepada pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan (1 tahun) atau lebih, sebesar satu bulan upah.

"Sementara bagi para pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari satu bulan, diberikan juga THR secara proposional (oleh pihak perusahaan) sesuai dengan masa kerja dari para buruh tersebut," terang Rukmana.

Sementara bagi perusahaan yang kedapatan terlambat dalam memberikan THR, lanjut Rukmana, akan dikenakan denda sebesar 5% dari total nilai THR yang harus dibayar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Jika ada perusahaan yang terlambat memberikan THR, sesuai dengan ketentuan pasal 10 ayat 1 Permenaker RI Nomor 6 Tahun 2016, dikenakan denda sebesar 5% dari total THR yang harus dibayar," jelasnya. [gan]

Komentar Pembaca