Ngabuburit Bari Tatabeuhan, Baksosnya Para Musisi

Ragam  KAMIS, 16 MEI 2019 , 20:09:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Ngabuburit Bari Tatabeuhan, Baksosnya Para Musisi

Musisi Purwakarta/RMOLJabar

RMOLJabar. Warga dan pengguna jalan yang melewati kawasan sekitar Pasar Jumaah dihibur penampilan musisi yang menggelar panggung di sisi jalan, tak jauh dari Pos 4 A menjelang waktu berbuka puasa, Kamis (16/5).

Tak sekadar penampilan musik yang menghibur, acara tersebut juga diisi kegiatan bakti sosial. Penyelenggara membagikan takjil gratis dan menerima sumbangan dari para pengguna jalan untuk disalurkan kepada yayasan anak yatim piatu.

Koordinator acara, Ali Novel mengakui para musisi di daerahnya biasa menyelenggarakan kegiatan serupa bersama komunitas lainnya di luar musik.

"Tapi kegiatan sosial ini baru pertama kali diadakan pada saat bulan Ramadan," katanya.

Menurutnya, seluruh biaya produksi acara ditanggung oleh panitia secara swadaya. Seperti kegiatan-kegiatan serupa sebelumnya, Ali mengaku sengaja menyelenggarakan di pinggir jalan tersebut untuk mengumpulkan dana.

"Di sini kan banyak orang lewat jadi banyak yang menyumbang. Seperti saat kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana di Palu sebelumnya, kami bisa mengumpulkan dana hingga Rp15 juta," ungkap Ali berharap dapat mengumpulkan dana sebanyak itu kali ini.

Pertunjukan musik bertajuk "Ngabuburit Bari Tatabeuhan" itu dibuka oleh penampilan band Batara dengan vokalis Mat Honger. Musisi senior itu membawakan lagu berjudul "Sidang Akhirat" sambil memainkan gitar akustiknya.

"Allahu Akbar" melantun merdu di sela-sela lirik lagu tersebut diiringi irama musik pop yang cukup santai. Band yang sama terus menghibur penonton tapi dengan formasi vokalis berbeda. Setelah Mat Honger, posisi tersebut selanjutnya digantikan vokalis perempuan bernama Echa.

Vokalis yang dikenal sering mengisi acara hiburan di pemerintah daerah itu tetap memukau saat tampil di pinggiran jalan pada sore itu. Suaranya bahkan tak kalah merdu dari Nissa Sabyan saat menyanyikan beberapa lagu milik band Sabyan.

Pertunjukan musik kali ini tak hanya bernuansa religi, tapi juga dimeriahkan kreasi musik reggae, funk dan blues. Area panggung yang sejajar dengan jalan raya itu juga dimeriahkan oleh band lokal ternama seperti Revolution Colour dan Uban Project.

Penampilan mereka tetap maksimal meskipun lokasi acara di ruang terbuka sempat diguyur hujan. Menjelang waktu berbuka puasa, panitia penyelenggara membagikan makanan takjil bagi para pengguna jalan dan mengakhiri acara selepas azan maghrib. [gan]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Anak Pengungsi Dan Debu Jalanan

Anak Pengungsi Dan Debu Jalanan

KAMIS, 11 JULI 2019 , 04:26:00