KPU Harusnya Jangan Asal Rekrut Petugas KPPS

Politik  KAMIS, 16 MEI 2019 , 22:51:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

KPU Harusnya Jangan Asal Rekrut Petugas KPPS

Ilustrasi Partai Demokrat/Net

RMOLJabar. Partai Demokrat Kabupaten Bandung mencatat banyak hal yang harus dibenahi dan dijadikan pelajaran berharga di ajang Pemilu 2019 pada Rabu 17 April lalu.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung Endang mengatakan, salah satu yang paling penting untuk segera di evaluasi soal hal teknis dari pihak penyelenggara.

"Misal dalam prosedur perekrutan petugas KPPS yang seperti kita ketahui kini menjadi sorotan publik. Apalagi mereka wafat saat bertugas karna lelah," ujarnya, Kamis (16/5).

Bila melihat beban kerja Pemilu serentak, kata Endang, pihak KPU didaerah harusnya tidak asal dalam merekrut jajarannya yang akan bekerja di wilayah mengawal tiap TPS.

"Misal syarat petugas yang sehat harusnya lebih ketat. Jangan hanya sekedar berbekal selembar surat kesehatan yang belum tentu melalui pengecekan detail diterima," katanya.

Endang menambahkan, soal sosialisasi pun menjadi hal yang harus dievaluasi. Meski pun masa kampanye Pemilu serentak 2019 cukup panjang tapi sosialisasi tak maksimal.

"Selain itu soal Pileg yang berbarengan dengan Pilpres. Tentu ini menjadi beban tersendiri bagi para peserta Pemilu. Ini juga harus segera di evaluasi dipusat," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca