KOTA CIREBON

Tingkatkan Potensi Perawat, PPNI-GNPHI Gelar Seminar Internasional

Ragam  SABTU, 18 MEI 2019 , 18:10:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Tingkatkan Potensi Perawat, PPNI-GNPHI Gelar Seminar Internasional

Turut hadir Dr Shefaly Shoraydari dari Singapura/RMOLJabar

RMOLJabar. Gerakan Nasional Perawat Honor Indonesia (GNPHI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menggelar seminar internasional dengan tajuk 'Assesing, Monitoring and Managing Abdominal and Thoracic Trauma and Emergency From Nursing Perspective' di Gedung Wanita, Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Sabtu (18/5).

Turut hadir dalam seminar dan workshop tersebut Moh Said bin Nurjaman dari Malaysia, dan Dr Shefaly Shoraydari dari Singapura. Selain itu, hadir pula para praktisi keperawatan, Juanedi dan Yana Hendriyani. Acara tersebut pun dihadiri oleh ratusan peserta dari kota Cirebon dan sekitarnya.

Komarudin, selaku ketua DPD PPNI Kota Cirebon mengatakan bahwa masyarakat seringkali memahami profesi perawat hanya merawat dan menjaga pasien. Padahal tugas perawat bisa lebih dari itu. Dimana perawat juga harus mampu menangani pasien dalam kondisi gawat darurat. Maka dari itu, diperlukan kompetensi dalam melakukan setiap tindakan medis.

"Dalam memutuskan bahwa pasien sudah gawat darurat atau tidak pun harus memenuhi kompetensi. Contoh ada gangguan pernafasan, gangguan sirkulasi darah pada jantung, maka perawat harus cepat dan tepat dalam mengambil tindakan medis," tutur Komarudin kepada awak media.

Maka dari itu, lanjut Komarudin, perawat harus memiliki kompetensi, yang mana setiap kompetensi memerlukan pendidikan dan memiliki himpunan tersendiri untuk masing-masing kompetensi, dengan dibekali beragam kegiatan untuk meningkatkan skill serta tanggungjawab.

"Di kota Cirebon banyak sekali kegiata-kegiatan yang dilakukan oleh perawat. Contoh dari Himpunan Perawat Kamar Bedah Seluruh Indonesia (HIPMABI), Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI), dan lain-lain. Itu semua untuk mengasah skill dan tanggungjawabnya," imbuhnya.

Sementara itu, Rian Sukmariandi, ketua GNPHI kota Cirebon mengatakan pembicara dari luar sengaja didatangkan untuk memberi masukan dan pengalaman pada perawat-perawat Indonesia.

"Alhamdulillah, karena selain peserta yang antusias. Pembicara dari luar negeri juga mengaku senang setiap kali datang ke Indonesia. Semoga kegiatan seminar ini dapat meningkatkan skill perawat, khususnya yang berada di kota Cirebon" ungkapnya. [Syah Roni/aga]


Komentar Pembaca