KABUPATEN KARAWANG

Ma Icah Hidup Sebatang Kara Di Rumah Yang Nyaris Rubuh

Sosial  SENIN, 20 MEI 2019 , 14:36:00 WIB | LAPORAN: NURJAYA BACHTIAR

Ma Icah Hidup Sebatang Kara Di Rumah Yang Nyaris Rubuh

Ma Icah/RMOLJabar

RMOLJabar.  Ma Icah  (70) hidup miskin dan sebatang kara di rumahnya yang nyaris roboh di Dusun Sinar Sari RT 07 / 02 Desa Kalangsari Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang.

Sejak ditinggal suaminya berapa tahun  tahun lalu, hidupnya tidak menentu bahkan sempat terlantar dan  berpindah-pindah. Kini dia tinggal di gubuk reyot berukuran 5X6 meter.

Diceritakan Ma Icah, kini rumahnya nyaris roboh. Sebagian besar tiang dan dinding yang terbuat dari papan dan triplek dimakan rayap.

Rumah Ma Icah terbagi dua ruang. Yakni tempat tidur sekaligus ruang tamu di sisi kiri dan di sisi kanan, dapur.

Ruang tamu dan tempat tidur hanya dipisah oleh selembar selendang. Sedangkan dindingnya rapuh sebagian dimakan rayap terutama bagian bawah. Selain itu, tiang utama yang berada di tengah juga lapuk.

Lantainya masih tanah yang tak rata. Bahkan ia sempat terpeleset saat berjalan ke dapur.

"Berjalan harus hati-hati. Saya pernah jatuh terpeleset," tuturnya

Menurut Tokoh Masyarakat  Desa Kalangsari, Dedi Junaedi, Ma Icah sudah  sendiri serta  tidak mampu lagi untuk  bekerja. Diakuinya hingga kini Ma Icah belum mendapat bantuan yang mencukupi dari pemerintah daerah.

"Khususnya untuk memperbaiki rumahnya supaya layak huni," ujar Dedi.

Dedi menambahkan, selama ini pemenuhan kebutuhan sehari-hari Ma Icah, tergantung ulur tangan dan rasa iba dari para tetangganya. Dia berharap pihak Pemkab Karawang segera turun tangan memberikan bantuan kepada Ma Icah.

"Saya mengetuk hati para warga dan kepada pemerintah Kabupaten Karawang  agar lebih peduli terhadap warganya, serta ikhlas dalam  membantu saudara kita yang membutuhkan". pungkasnya. [son]

Komentar Pembaca