Harkitnas Ke-111, Pangdam Siliwangi Bangkitkan Persatuan

Politik  SENIN, 20 MEI 2019 , 21:05:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Harkitnas Ke-111, Pangdam Siliwangi Bangkitkan Persatuan

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Tri Soewandono

RMOLJabar. Kodam III/Siliwangi menggelar upacara  dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111 tahun 2019, yang bertempat di Lapangan Upacara Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Bandung.

Pada upacara Harkitnas ke 111 ini, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Tri Soewandono mengatakan, telah lebih satu abad pihaknya menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya Organisasi Budi Oetomo.

"Dalam kondisi kemajemukan tersebut, bahasa, suku, agama dan kebudayaan merupakan salah satu yang ekstrim di dunia. Kita membuktikan bahwa, kita mampu menjaga persatuan sampai detik ini," ucap Pangdam, saat membacakan sambutan Menkominfo RI, Senin (20/5).

Oleh sebab itu, lanjut Pangdam, tak diragukan lagi bahwa kita pasti mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat dari keterbelahan sosial.

"Dengan mememikirkan kepentingan yang luas bagi anak cucu bangsa ini yaitu Persatuan Indonesia," ungkapnya dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar.

Dikatakan Pangdam, peringatan Harkitnas kali ini bertepatan dengan bulan suci ramadhan. Menurutnya, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT, seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

"Hingga pada akhirnya nanti yaitu diujung bulan Ramadhan kita bisa seperti Gajah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih karena hubungan yang kembali bersih," katanya.

Oleh karenanya, lanjut Pangdam, sangat relevan apabila peringatan Harkitnas ke 111 mengusung tema 'Bangkit Untuk Bersatu'.

"Kita bangkit untuk menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI)," tandasnya. [jar]

Komentar Pembaca