Pengamat: Prabowo Kalah Sejak Menyusun Strategi

Politik  SELASA, 21 MEI 2019 , 15:21:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Pengamat: Prabowo Kalah Sejak Menyusun Strategi

Pengamat politik Universitas Telkom, Dedi Kurnia Syah

RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merampungkan penetapan rekapitulasi nasional Pemilu 2019 pada Selasa (21/5) dini hari. Lebih cepat sehari dari jadwal sebelumnya pada Rabu (22/5/2019.

Ditetapkannya, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan perolehan 85.607.362 atau 55,5 persen dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno raih suara 68.650.239 atau 44,5 persen dari total nasional.

Pengamat politik Universitas Telkom, Dedi Kurnia Syah menganalisa, kekalahan Prabowo sudah dimulai sejak menyusun strategi kampanye.

Menurutnya, Prabowo hanya fokus pada basis yang diprediksi akan memenangkan dirinya, dan kehilangan suara di tempat lain secara signifikan.

"Prediksi kemenangan 02 memang terbukti di basis tertentu, tetapi itu tidak cukup mengakumulasi suara nasional, karena tidak signifikan," ucap Dedi, dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (21/5).

Dedi menjelaskan, ada dua model kampanye politik yang paling menentukan kemenangan, blocking voters dan leafspace voters.

Blocking adalah kampanye yang memfokuskan pada area atau provinsi tertentu dengan tujuan peroleh suara dominan, sementara leafspace adalah model kampanye menyebar demi memperoleh suara di banyak provinsi.

"Sistem pemilu kita memang cocok dengan konsep blocking, mengingat kemenangan ditentukan oleh banyaknya suara masuk, tetapi ketika tidak berhasil mendominasi secara signifikan di provinsi besar, maka resiko kekalahan juga lebih besar," terangnya.

Dikatakan Dedi, hal berbeda dilakukan kubu Jokowi-Maruf Amin yang menyasar di semua wilayah, untuk itu kekalahan Jokowi di basis Prabowo tidak terlalu signifikan.

"Kita bisa membaca data kemenangan Prabowo di Jawa Barat, Sumatera, dengan menyisakan suara untuk Jokowi cukup banyak. Tetapi bandingkan di Jawa Tengah dan Bali, di mana Prabowo begitu jauh tertinggal. Itulah kesalahan Prabowo memilih blocking voters," tandasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00