Pemilu 2019, Ridwan Kamil: Hormati Keputusan KPU

Politik  SELASA, 21 MEI 2019 , 17:18:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Pemilu 2019, Ridwan Kamil: Hormati Keputusan KPU

Ridwan Kamil/RMOLJabar

RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan hasil rekapitulasi Pemilu 2019. Hasilnya, Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapatkan 55,50 persen suara, sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 44,50 persen suara.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta segenap masyarakat menghormati keputusan KPU tersebut.

"Mari kita hormati keputusan dari KPU selaku penyelenggara Pemilu terkait Hasil Pilpres dan Pileg 2019. Selamat kepada semua yang terpilih," tulis Emil, sapaan akrabnya, dalam akun resmi Instagramnya, Selasa (21/5).

Selain itu, Emil juga meminta masyarakat untuk menghormati keputusan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang akan menggugat hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi.

"Mari juga hormati jika ada yang merasa dirugikan terkait hasil atau proses Pemilu untuk menempuh jalur hukum ke Pengadilan Mahkamah Konstitusi. Karena itu kesepakatan kebangsaan kita," katanya.

Menurutnya, penyelesaikan persengketaan melalui musyawarah dan mufakat atau melalui saluran hukum adalah Iangkah terbaik di negeri hukum yang berfalsafah adil dan beradab ini.

"Apapun hasilnya, yang menang sejatinya adalah rakyat Indonesia," ungkapnya.

Lebih lanjut, Emil mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mengendalikan diri dari hal-hal yang membawa perpecahan.

"Hindari aksi dan tindakan yang anarkis yang merugikan kita semua. Sabar adalah salah satu kunci kemuliaan kita di bulan suci Ramadhan ini. Mari rukun kembali. Masa depan Indonesia yang cemerlang menanti kerja dan doa kita bersama. Bersama terarah. Bukan sendiri-sendiri tanpa arah," tandasnya. [jar]

Komentar Pembaca