KABUPATEN GARUT

Angin Segar TKS Dan TKK, Premi BPJS Ketenagakerjaan Bakal Ditanggung Pemerintah

Pemerintahan  SELASA, 21 MEI 2019 , 23:38:00 WIB | LAPORAN: RONI HIDAYAT

Angin Segar TKS Dan TKK, Premi BPJS Ketenagakerjaan Bakal Ditanggung Pemerintah

Rudi Gunawan/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemerintahan Kabupaten Garut berkomitmen tahun depan akan mulai menggunakan Premi BPJS Ketenagakerjaan untuk Tenaga Kerja Sukarelawan (TKS) dan Tenaga Kerja Kontrak (TKK).

Menurut Bupati Kabupaten Garut Rudi Gunawan, pihaknya akan mensosialisasikan BPJS ketenagakerjaan yang mana saat ini untuk pembayaran premi setiap bulannya di tanggung oleh setiap pekerja.

"Kita akan mulai disosialisasikan di Kabupaten Garut, dengan menanggung seluruh pembayaran premi setiap bulannya. Pemkab Garut akan menganggarkan melalui APBD untuk tahun 2020 mendatang," ucap Rudi di Hotel Sumber Alam, Cipanas, Garut, Selasa (21/5) malam.

Dijelaskannya, banyaknya manfaat yang akan diperoleh dan anggaran tersebut sangat kecil untuk menjamin kehidupan para TKS dan TKK disaat memasuki usia tua. Tiap perkerja jika dihitung dari jumlah pegawai TKS dan TKK sebanyak 600 pegawai.

"Pembayaran premi BPJS Ketenagakerjaan hanya Rp25 ribu dikalikan 600 perbulan. Dalam satu tahun kita akan menyiapkan anggaran sebesar Rp200 jutaan yang akan dibayarkan setiap tahun nya ke BPJS," jelas Rudi.

Pihaknya bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Tujuannya untuk memberikan jaminan hidup pada seluruh TKS dan TKK yang sampai sekarang ini hanya menerima honor masih relatif kecil.

"Maaf lah, kita Pemerintah ingin membantu TKS dan TKK sebagai jaminan hidup kedepannya. Kita lihat tadi ada yang membutuhkan biaya untuk biaya sekolah anaknya. Intinya, pemerintah membantu apa yang menjadi kesulitan TKS dan TKK itu," pungkasnya. [gan]


Komentar Pembaca