KOTA CIREBON

Monitoring 200 Perusahaan, Disnaker: Belum Terima THR Harap Lapor

Pemerintahan  RABU, 22 MEI 2019 , 05:01:00 WIB | LAPORAN: SYAH RONI

Monitoring 200 Perusahaan, Disnaker: Belum Terima THR Harap Lapor

Disnaker Kota Cirebon Maman Firmansyah/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Cirebon memonitoring sekitar 200 perusahaan jelang Hari Raya Idul Fitri, Selasa (21/5).

Kepala Hubungan Industrial Disnaker Kota Cirebon Maman Firmansyah mengatakan, kegiatan monitoring dilakukan untuk memastikan semua perusahaan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada seluruh karyawannya, sesuai peraturan yang sudah ditentukan oleh kementerian. Salah satunya paling lambat 7 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Tapi kalau memang sudah disiapkan dananya mereka bisa memberikan dari awal-awal. Kita monitoring misalnya di pertengahan bulan Ramadhan, apakah sudah diberikan THR atau rencananya kapan yang penting batas maksimalnya 7 hari sebelum lebaran", tutur Maman.

Dikatakan Maman, pemberian THR pun harus proporsional. Dalam artian masa kerja sekarang tidak sama dengan tahun sebelumnya. Untuk aturan sekarang, sudah berhak mendapatkan THR untuk masa kerja satu bulan. Sedangkan untuk karyawan yang sudah bekerja satu tahun, berhak mendapatkan THR satu kali gaji.

Posko pengaduan THR dibuka oleh Disnaker Kota Cirebon. Untuk itu, pihaknya meminta kepada para karyawan untuk melapor ke Disnaker setempat atau ke UPT Pengawas Ketenagakerjaan Cirebon bila perusahaan telat memberikan THR. [yud]


Komentar Pembaca