Demokrat Kemungkinan Besar Pindah Haluan, Prabowo Ditinggal?

Politik  RABU, 22 MEI 2019 , 10:56:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Demokrat Kemungkinan Besar Pindah Haluan, Prabowo Ditinggal?

Ilustrasi Partai Demokrat/Net

RMOLJabar. Manuver Partai Demokrat pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019 tidak terlihat terlalu berpihak kepada salah satu capres dan cawapres peserta pemilu. Partai Demokrat lebih berpeluang besar masuk dalam kubu koalisi Joko Widodo dan Ma'ruf Amin ketimbang Partai Amanat Nasional (PAN).

Demikian dikatakan Pengamat Komunikasi Politik Unikom Bandung, Adiyana Slamet, Rabu (22/5).

"Kalau saya melihat Partai Demokrat sangat besar sekali untuk merapat ke Pak Jokowi dan KH Ma’ruf. Walaupun posisinya mungkin tidak se strategis partai-partai koalisi dapatkan,” ujar Adiyana.

Berbeda dengan PAN yang sejak awal sudah mantap menentukan sikap mendukung Prabowo-Sandi.

"Kalau PAN saya masih ragu ini bisa diakomodir, karena PAN terlalu keras membela 02. Selain itu pErolehan kursinya tidak terlalu signifikan di parlemen, sehingga kalaupun PAN diakomodir, komposisi bukan untuk menjaga stabilitas politik di DPR tetapi memang untuk sama-sama membangun bangsa ini,” jelasnya.

Untuk diketahui, KPU RI pada Selasa dini hari telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres tingkat nasional

Jokowi-Ma’ruf memperoleh raihan 85.607.362 suara atau 55,50 persen dari total suara sah 154.257.601 suara. Dan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 68.650.239 suara sah atau 44,50 persen dari total suara sah. [gan]

Komentar Pembaca