Aksi Demo Menuai Korban, Waketum PP Persis Ajak Rakyat Bersikap Tenang

Politik  RABU, 22 MEI 2019 , 17:54:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Aksi Demo Menuai Korban, Waketum PP Persis Ajak Rakyat Bersikap Tenang

Wakil Ketua Umum PP Persis, Jeje Zaenudin/RMOLJabar

RMOLJabar. Sebanyak 6 orang meninggal dan sedikitnya 200 orang luka-luka akibat chaos antara massa demo dengan pihak kepolisian di area kantor Bawaslu RI semalam.

Atas peristiwa tersebut, Wakil Ketua Umum PP Persis, Jeje Zaenudin mengungkapkan rasa keprihatinannya yang sangat dalam dan turut berduka.

"Kita sangat sedih dan prihatin yang sedalam-dalamnya, atas jatuhnya beberapa korban jiwa serta ratusan yang terluka di akhir aksi damai menuntut keadilan dan kejujuran pemilu di depan kantor KPU dan Bawaslu malam hingga dini hari tadi," ucap Jeje, dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (22/5).

Menurutnya, itulah salah satu alasan sejak jauh hari sebelumnya, mengapa jamiyyah Persatuan Islam menyikapi aksi tersebut dengan sangat hati-hati.

"Aksi demo dengan melibatkan massa dalam jumlah sangat besar akan sulit mengontrol kedisiplinan peserta aksi secara keseluruhan," katanya.

Lebih lanjut, Jeje menjelaskan, bahwa pernyataan sikap, menyampaikan aspirasi,  memprotes keputusan yang dipandang tidak adil, ataupun menyampaikan tuntutan sebagai hak warga negara, adalah kesalahan besar jika dimaknai sebagai situasi perang melawan penguasa yang boleh dilakukan dengan cara rusuh apalagi sampai timbul kerusakan fasilitas umum dan korban jiwa.

"Bagaimanapun korban harta dan jiwa adalah kemunkaran yang besar, tidak sepatutnya terjadi dalam aksi damai yang dimaksudkan menuntut keadilan dan kejujuran," ungkapnya.

Dirinya berharap, semoga semua pihak tetap berpegang teguh kepada norma hukum juga norma agama yang mengajarkan memperjuangkan kebenaran harus dengan cara yang benar, menolak kemunkaran dengan yang makruf, tidak menolak kemunkaran dengan kemungkaran yang lebih besar lagi.

"Diharapkan semua pihak, terutama aparat keamanan TNI-POLRI agar menyikapi aksi masa dengan penuh kesabaran simpatik, Jeje menyebut massa itu tidak lain adalah rakyat yang merupakan ibu kandung mereka sendiri," jelasnya.

Jeje pum berpesan kepada seluruh peserta aksi, semoga tetap mengedapankan kesantunan, kedamaian, dan menghindari penyusupan provokator.

"Jangan sampai terjadi korban lagi karena hanya akan menambah permasalahan semakin rumit dan menyusahkan banyak pihak," ujarnya.

Dirinya juga turut mendoakan, semoga Allah Ta'ala melindungi semua bangsa Indonesia dari segala keburukan fitnah politik dan kekuasaan yang tidak terbimbing.

"Semoga Allah tidak menyia-nyiakan korban harta maupun jiwa dari umat ini, melainkan diterimanya sebagai amal saleh yang menghapus dosa dan dan kesalahannya," pungkas Jeje. [jar]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Anak Pengungsi Dan Debu Jalanan

Anak Pengungsi Dan Debu Jalanan

KAMIS, 11 JULI 2019 , 04:26:00