JAWA BARAT

Gerindra Duduki Ketua DPRD, Ridwan Kamil Akui Tak Masalah

Politik  RABU, 22 MEI 2019 , 20:07:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Gerindra Duduki Ketua DPRD, Ridwan Kamil Akui Tak Masalah

Ridwan Kamil/RMOLJabar

RMOLJabar. Formasi kursi DPRD Jawa Barat, periode 2019-2024 hasil pemilu serentak 17 April lalu, diperkirakan akan dinominasi oleh wajah baru.

Dari hasil penghitungan suara internal beberapa partai politik, ada empat partai yang mendulang suara terbanyak yakni, Partai Gerindra, PDI-P, PKS dan Golkar.

Untuk pimpinan DPRD yang kini diduduki oleh PDI-P, berpotensi besar akan digantikan oleh Partai Gerindra.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku, belum mendapatkan laporan resmi soal hasil penetapan anggota DPRD Jabar terpilih.

Namun, dirinya menilai akan ada pergeseran tampuk pimpinan DPRD merujuk hasil penghitungan suara.

"Saya belum mendapat laporan karena masih lama kalau enggak salah pelantikannya bulan September atau Oktober. Tapi kalau dari berita membuktikan bahwa rakyat Jawa Barat per lima tahun selalu mengalami pergeseran jadi tidak ada partai yang bisa dua periode mendominasi Jawa Barat," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Gedung DPRD Jabar, Rabu (22/5).

Menurutnya, kondisi ini menunjukan jika masyarakat Jabar sangat responsif terhadap isu kekinian.

"Saya kira itu menunjukkan rasionalitas pemilih di Jawa Barat ideologinya datang dari isu-isu kekinian," ungkapnya.

Soal potensi Partai Gerindra menguasai kursi pimpinan DPRD, kata Emil, hal itu tak jadi kendala. Meski bukan partai pengusung, Ia tetap optimis seluruh elemen legislatif bisa berkolaborasi membangun Jabar.

"Harapannya dinamika itu sama saja. Jadi bukan soal koalisi Pilgub atau bukan tapi sama-sama membangun kesejahteraan rakyat Jabar dengan formasi yang baru. Dulu waktu saya jadi Wali Kota saya minoritas jumlah partai pengusung. Tapi dikelola saja dengan komunikasi untuk memastikan perkembangan pembangunan Jabar baik dan lancar," tandasnya. [yud]


Komentar Pembaca