KPU Ajak Gunakan Cara Konstitusional Atas Ketidakpuasan Hasil Pemilu

Politik  KAMIS, 23 MEI 2019 , 07:07:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

KPU Ajak Gunakan Cara Konstitusional Atas Ketidakpuasan Hasil Pemilu

Agus Syuhada /RMOLJabar

RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap semua pihak, atas kesuksesan penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Majalengka, Agus Syuhada, tingkat partisipasi masyarakat pemilih mengalami kenaikan dibanding pemilu sebelumnya, baik Pemilu 2014 maupun Pilkada Serentak 2018 lalu. Bahkan pencapaian partisipasi masyarakat pemilih di atas target secara nasional.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi pada pemilu serentak tahun 2019, khususnya di Kabupaten Majalengka yang angka partisipasi masyarakatnya sudah mencapai 81 persen di atas target nasional yaitu 77,5 persen," kata Agus Syuhada, Rabu (22/5).

"Saya juga mau mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran, kemudian pemda, terus kemudian TNI-Polri dan semua yang terlibat untuk mensukseskan pemilu 2019 ini," imbuh Dia.

KPU Majalengka, lanjut Agus, mengajak kepada semua pihak, khususnya peserta pemilu, untuk bersama-sama menghormati hasil keputusan tentang perolehan (rekapitulasi) suara yang telah dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

Pihaknya pun mengimbau bilamana terdapat ketidakpuasan terhadap keputusan KPU RI yang akan diumumkan pada beberapa hari ke depan, untuk bisa disampaikan melalui cara-cara yang konstitusional.

"Dan juga kepada pihak-pihak yang merasa tidak puas terhadap apa yang telah diputuskan KPU RI, kami sangat terbuka dari KPU dan mohon kemudian ketidakpuasan itu untuk disalurkan dengan sesuai peraturan perundang-undangan, dengan cara yang konstitusional, tidak dengan cara-cara yang inkonstitusional," pungkasnya. [din]



Komentar Pembaca