Digugat Ke PTUN, Wali Kota Bandung Santai

Hukum  KAMIS, 23 MEI 2019 , 17:33:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Digugat Ke PTUN, Wali Kota Bandung Santai

Benny Bachtiar/RMOLJabar

RMOLJabar. Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Cimahi, Benny Bachtiar mendatangi pengadilan tata usaha negara, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis (23/5).

Kedatangan Benny bertujuan melayangkan gugatan atas pelantikan Sekda Definitif Kota Bandung, Ema Sumarna oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pada Jumat (22/3).

Benny Bachtiar merupakan salah satu peserta seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama yang lolos sebagai tiga besar. Dua kandidat lainnya yakni, Ema Sumarna dan Salman Fauzi.

Benny mengungkapkan, gugatan tersebut bukan karena dia haus jabatan, namun lebih kepada memberi pelajaran agar setiap pemerintahan mematuhi apa yang menjadi keputusan pemerintah tingkat atas.

"Tujuan saya untuk mengajukan gugatan ke PTUN, mesti di garis bawahi ini bukan masalah jabatan, tapi penegakan aturan bahwa semua kabupaten Kota di Indonesia, apapun yang putusan oleh pemerintah ditingkat atasnya itu musti dipatuhi atau diikuti dan ini yang ingin saya luruskan," ucap Benny.

Benny menyebutkan, rekomendasi Kemendagri dan Pemprov Jabar, serta Komisi ASN, yang telah rekomendasikan dirinya agar wali kota Bandung melantiknya sebagai sekda Kota Bandung.

"Putusan itu kan sudah jelas bahwa dalam proses open bidding ini kan dari mulai pendaftaran sampai dengan penunjukan dan dari proses penunjukan menuju penetapan itu ada satu proses dimana proses itu ada rekomendasi dari KASN, rekomendasi dari gubernur dan mendagri," ujar Benny.

Perlu diketahui, drama sekda Kota Bandung memang cukup berlarut larut, pasalnya Kemendagri sudah menyetujui agar Benny dilantik menjadi Sekda. Namun Oded tidak mematuhi putusan kemendagri dan lebih memilih Ema Sumarna dilantik jadi orang nomor tiga di Kota Bandung.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menghormati hak Benny Bachtiar untuk memperoleh kepastian hukum. Sebagai warga negara, Benny bisa mengambil langkah yang dianggap perlu untuk menunaikan hak tersebut.

"Itu hak beliau. Kalau beliau mau melakukan itu hak beliau, sebagai warga negara yang baik, silakan," ucap Oded di Balai Kota Bandung, Kamis (25/4).

Oded mengaku tak keberatan jika Benny tetap akan melayangkan gugatan.

"Nanti kita lihat saja di proses hukum," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA