KABUPATEN GARUT

Sidang Pertama Pelanggaran Administrasi, Pelapor Desak Bawaslu Buka Kembali C1 Plano

Politik  KAMIS, 23 MEI 2019 , 23:48:00 WIB | LAPORAN: RONI HIDAYAT

Sidang Pertama Pelanggaran Administrasi, Pelapor Desak Bawaslu Buka Kembali C1 Plano

Suasana Sidang/RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut menggelar sidang pertama pelanggaran administrasi acara cepat Pemilu 2019 yang bertempat di Kantor Bawaslu Kabupaten Garut, Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota, Jawa Barat, Kamis (23/5).

Sidang yang sempat diskorsing selama 30 menit tersebut dipimpin Ketua Majelis Asep Nurjaman, Anggota Majelis Ipa Hasfiah dan Asep Burhan,

Asep Nurjaman mengatakan, agenda sidang pertama mendengarkan keterangan dari pelapor, yaitu dari Partai Demokrat, dan jawaban dari pihak terlapor yakni dari pihak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Karangpawitan, serta Panwascam Karangpawitan.

"Agendanya mendengarkan keterangan dari kedua pihak termasuk mencocokan data yang dimiliki pihak pelapor," ujarnya, Kamis (23/5).

Dikatakan Asep, pihak pelapor dalam keterangannya, melaporkan adanya dugaan pengurangan dan penambahan suara yang terjadi di empat desa di Kecamatan Karangpawitan yang terjadi di internal Partai Demokrat.

"Sidang ini sudah sesuai aturan Perbawaslu No 8 tahun 2018, yang mana menindaklanjuti laporan dari pihak pelapor," ucapnya.

Asep menuturkan, proses sidang administrasi cepat di Kabupaten Garut ini yang pertama kali dilakukan selama adanya laporan dugaan pelanggaran Pemilu 2019.

Sementara Ketua Bawaslu Garut, Ipa Hasfiah, mengatakan, sidang yang pertama di gelar selain mendengarkan keterangan dari dua pihak yakni agenda lainnya mencocokan data.

"Kita belum bisa secara detail menjelaskannya," ujar Ipa.

Ditempat terpisah Rd. Eman Sulaeman, sebagai pelapor, mengatakan, pihaknya menuntut agar Bawaslu Kabupaten Garut untuk merekomendasikan pada pihak KPU untuk membuka seluruh C1 Plano di semua TPS yang ada di Kecamatan Karangpawitan.

"Kami mendesak Bawaslu Garut untuk mengeluarkan rekomendasi untuk membuka kembali seluruh C1 Plano. Ini jelas adanya dugaan pengurangan dan penambahan suara yang sudah merugikan calon legislatif, Rd. Oman Abdurahman dari Partai Demokrat," singkatnya. [aga]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00