Hiburan Dan Pajak Sektor Unggulan Lainnya Bergerak Signifikan Di Karawang

Politik  JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:35:00 WIB | LAPORAN: NURJAYA BACHTIAR

Hiburan Dan Pajak Sektor Unggulan Lainnya Bergerak Signifikan Di Karawang

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Karawang memiliki lima jenis pajak unggulan untuk memaksimalkan potensi pendapatan pajak daerah. Lima jenis pajak ini pada awal Mei 2019 sudah mencapai target 36 persen sampai 48 persen.

Menurut Kepala Bidang Pajak Lainnya Bapenda Karawang, Sahali mengatakan sesuai dengan Perda nomor 15 tahun 2018 tenang Pajak Daerah bidang pajak daerah lainnya mengelola 9 jenis pajak. Baik jenis pajak daerah dengan sistem pajak yang dihitung dan dibayar sendiri atau self assisment maupun pajak daerah dengan sistem pemungutan pajak berdasarkan penetapan kepala daerah.

"Dari Sembilan jenis pajak yang dikelola oleh bidang kami, ada lima pajak unggulan yaitu pajak restoran, pajak hiburan, pajak penerangan jalan, pajak parkir dan pajak air bawah tanah," ungkap Sadari kepada Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (24/5).

Masih kata Sahali, bukan berarti pajak yang di luar yang lima itu bukan unggulan, tapi dibanding yang lainnya lima pajak itu selalu melebihi target yang sudah ditetapkan. Seperti pada priode Mei 2019, telah mencapai target 36 persen sampai 48 persen untuk lima jenis pajak tersebut.

"Jadi tidak menutup kemungkinan untuk jenis pajak yang lainnya pun masih berpeluang dan dioptimalkan pencapaiannya," katanya.

Untuk memaksimalkan pajak itu maka pihaknya terus melakukan inovasi dalam memaksimalkan pendapatan daerah yang telah dituangkan dalam Perda nomor 17 tahun 2018 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Karawang tahun anggaran 2019 dan Perbup nomor 91 tahun 2018 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2019.

"Salah satu inovasi yaitu dengan pemasangan alat monitoring data transaksi bagi wajib pajak," pungkasnya. [jar]


Komentar Pembaca