KABUPATEN BANDUNG

Hadapi Mudik, Personil Satlantas Dilatih Cara Tangani Pasien Gawat Darurat

Ragam  SABTU, 25 MEI 2019 , 16:48:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Hadapi Mudik, Personil Satlantas Dilatih Cara Tangani Pasien Gawat Darurat

Pelatihan Penanganan Pasien Gawat Darurat (PPGD)/RMOLJabar

RMOLJabar. Menghadapi arus mudik yang juga jelang dimulainya Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2019, Personil dari Satlantas Polres Bandung mendapat pelatihan cara Penanganan Pasien Gawat Darurat (PPGD).

Kegiatan pelatihan yang digelar dilapangan Mapolres Bandung, Jalan Bhayangkara, Soreang, itu diberikan secara langsung oleh Tim Urusan Kesehatan (Tim Urkes) Bagian Sumber Daya (Sumda), Sabtu (25/5) siang.

Pemateri Kegiatan PPDG Leny Marliantiny menuturkan tujuan dari pelatihan PPGD ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada personil Satlantas dalam rangka menghadapi operasi ketupat.

"Ini bentuk kesiapan bagi personil Polres Bandung (yang akan bertugas di jalur mudik) mengetahui tentang bagaimana ciri ciri orang yang mengalami henti jantung dan bagaimana penanganannya," ungkap Leny.

Melalui Pelatihan PPGD, lanjut Leny, personil perlu memeriksa kondisi lapangan sebelum menolong korban dan memastikan situasi benar-benar aman. Setelah itu lanjut pada pemeriksaan kondisi dari korban sendiri.

"Pemeriksaan bisa dari resutitasi jantung paru-paru, membuka jalan nafas korban, pemberian nafas buatan. Kemudian bila korban laka lantas personil (dilapangan) juga harus cepat dalam bertindak," tuturnya.

Leny menjelaskan mulai dari pembingkaian kaki dan tangan kepada korban yang mengalami patah tulang, membalut korban yang mengalami luka di bagian kepala serta keterampilan lain tentu perlu juga dimiliki.

"Semoga personil dapat mengaplikasikan ilmu PPGD di lapangan sehingga dapat mengurangi angka kejadian kematian di jalan raya, baik saat operasi ketupat atau saat bertugas rutin di lapangan," tutupnya. [aga]

Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar
JOKOWI TERUJI BERPENGALAMAN DALAM HAL KEGAGALAN

JOKOWI TERUJI BERPENGALAMAN DALAM HAL KEGAGALAN

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19