Unikom Uji Coba Pengembangan TIK Di Kabupaten Sumedang

Ragam  RABU, 29 MEI 2019 , 07:40:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Unikom Uji Coba Pengembangan TIK Di Kabupaten Sumedang

Unikom-Pemkab Sumedang/Ist

RMOLJabar. Sebagai salah satu kampus yang fokus di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau  Information and Communication Technologies (ICT), Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berkesempatan menjadi partner dari Kabupaten Sumedang guna pengembangan bidang ICT pada tata kelola pemerintahannya.

"Dalam waktu dekat kami akan mengadakan rapat pimpinan untuk merumuskan langkah strategis, sehingga Sumedang mampu menjadi role model pengembangan bidang ICT bagi kabupaten di Indonesia,” kata Rektor Unikom, Eddy Soeryanto Soegoto, kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (29/5).

Perjanjian kerja sama disahkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unikom, Eddy Soeryanto Soegoto, dengan Bupati Kabupaten Sumedang, Donny Ahmad Munir di Grand Meeting Room Lantai 15 Smart Building Unikom, Jumat (24/5) lalu. Proses penandatanganan disaksikan jajaran Rektorat dan Dekanat Unikom, Direktur LPPM Unikom, serta perwakilan Ketua Program Studi di Unikom.

Atas kerja sama ini Bupati Kabupaten Sumedang, berharap kedepannya Kabupaten Sumedang dapat menjadi World Class Government

"Silakan jadikan Sumedang sebagai kabupaten binaan Unikom untuk pengembangan bidang ICT, sebagaimana harapan kami jika Unikom menjadi World Class University maka Sumedang pun harus menjadi World Class Government,” kata Donny.

Menurutnya, guna mendukung dan mewujudkan harapan Kabupaten Sumedang sebagai role model pengembangan bidang ICT di Indonesia, maka diperlukan transformasi dari budaya manual ke budaya digital diantaranya dimulai dengan membangun smart distrik/smart kampung dan membangun sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Sesuai dengan delapan area perubahan di birokratic reform, kami ingin mengubah budaya manual ke budaya digital untuk mempercepat proses penyelenggaraan pemerintahan menuju kemajuan di Kabupaten Sumedang,” tandasnya.

Dengan adanya kolaborasi antara Unikom dengan Kabupaten Sumedang diharapkan dapat mendongkrak pengembangan sistem pemerintahan di Kabupaten Sumedang dengan memanfaaatkan teknologi guna mencapai World Class Government. [gan]

Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00