Komisi IX Minta Pemerintah Awasi Betul Soal Pembayaran THR Perusahaan

Politik  RABU, 29 MEI 2019 , 21:37:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Komisi IX Minta Pemerintah Awasi Betul Soal Pembayaran THR Perusahaan

Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi/RMOLJabar

RMOLJabar. Komisi IX DPR RI meminta pemerintah betul-betul mengawasi terkait kewajiban dari perusahaan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para karyawannya jelang Idul Fitri 1440 Hijriah.

Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan, bila ada perusahaan yang saat ini memang belum menyelesaikan kewajibannya itu tentu pemerintah harus melihat apa faktor ketidakmampuannya.

"Yang belum itu karena apa faktor tidak mampu atau apa? Kami juga (dari Komisi IX) sudah meminta pemerintah melakukan controlling THR. Karena itu sifatnya wajib," ujarnya di Baleendah, Rabu (29/5) malam.

Dede juga kembali mengingatkan bila pemberian THR menjadi hak tiap karyawan yang sudah bekerja lebih dari 1 tahun. Untuk itu mengingat waktu tinggal sepekan, Dede berharap hal tersebut segera dituntaskan.

"Ini sudah tinggal satu minggu harapan kami semoga 100% bisa selesai. Hasil temuan dilapangan (ada perusahaan) memending pemberian THR, dan (berjanji) akan dibayar seminggu sebelum hari H lebaran," katanya.

Politisi Partai Demokrat itu juga meyakini dalam satu atau dua hari kedepan sejumlah perusahaan yang belum menunaikan kewajibannya memberi THR bagi para karyawannya dapat tuntas sesuai aturan.

"Pemerintah juga kan baru beberapa hari kemarin menyelesaikan rapelan PNS. Ketika APBN dan APBD baru turun mungkin ikut berdampak pada perusahaan yang hidupnya dari pembayaran pemerintah," tandasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar