Rizal Ramli: Himbau Rakyat Aceh Urungkan Keinginan Untuk Lakukan Referendum

Politik  KAMIS, 30 MEI 2019 , 12:41:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Rizal Ramli: Himbau Rakyat Aceh Urungkan Keinginan Untuk Lakukan Referendum

Rizal Ramli/net

RMOLJabar. Kekecewaan Rakyat Aceh atas situasi negara berbuntut tuntutan melakukan referendum. Tokoh nasional Dr. Rizal Ramli berharap Rakyat Aceh bersabar dan mengurungkan keinginan mereka untuk mengambil opsi referendum.

Diketahui, dalam pidatonya di hadapan para elite Aceh, Senin (27/5), Muzakir yang akrab disapa Mualem melontarkan usulan tentang referendum di Aceh. Hal itu sebagaimana pernah dilakukan di Timur Timur yang kini telah pisah dengan Indonesia. Adapun usulan tentang referendum di Aceh diutarakannya karena menilai Indonesia sebentar lagi hancur.

Alasan dari kehancuran itu menurut dia karena pelaksanaan hukum dan keadilan di Indonesia sudah tidak jelas lagi. Indonesia juga menurut dia akan hancur karena terlalu bergantung dengan asing.

"Dari pada kita dijajah orang lain, lebih baik kita (Aceh) berdiri di atas kaki sendiri. Mudah-mudahan, ini adalah satu usaha dan pemikiran bangsa Aceh saat ini. Mudah-mudahan dengan niat kita semua, lebih baik kita mengikuti Timor-Timur, InsyaAllah," ujar Mualem seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Jelas RR sapaan akrab ekonom senior itu, dorongan referendum di Aceh tidak berdiri sendiri, pasti ada sebab musababnya. RR sendiri mengaku tidak setuju dengan wacana tersebut.

Dia pun meminta kepada semua pihak agar mencari jalan lain di luar referendum terkait kompleksnya permasalahanan bangsa.

"Sesuatu yang terlalu berlebihan (too much) pasti memancing reaksi berlebihan. Saya sangat sedih dan berduka karena referendum adalah opsi yang sangat berbahaya, yang bisa mencabik-cabik NKRI. Saya mohon lebih baik kita cari opsi lain," ujar RR di akun twitternya @RizalRamli.[son]

Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA